detikNews
2019/10/03 16:07:50 WIB

Ada Satgas Zero Plastik, ASN Pemkot Bekasi Dilarang Gunakan Kantong Plastik

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ada Satgas Zero Plastik, ASN Pemkot Bekasi Dilarang Gunakan Kantong Plastik Foto: Satgas Zero Plastik di Pemkot Bekasi (dok.istimewa)
Bekasi - Pemkot Bekasi membentuk Satuan Tugas Zero Plastik untuk mengurangi limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari. Satgas tersebut akan mengecek penggunaan kantong hingga botol minuman para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bekasi.

"Per 1 Oktober ini aparatur di kantor Wali Kota untuk pengawasannya, semua aparatur tidak lagi menggunakan kantong plastik, termasuk di kantin, lobi UKM dan di bazar yang diadakan rutin setiap bulan," ujar Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Ferdinan, ketika dihubungi, Kamis (3/10/2019).

Ferdinan mengatakan, Satgas ini berfungsi untuk mengawasi para ASN. Gerakan sero plastik ini sendiri dicanangkan diterapkan mulai di lingkungan pegawai.

"Untuk pengawasanya ya dibentuklah satgas (zero plastik) ini, sebagai untuk pengawasan, karena ada saja yang lolos satu-dua (ASN), atau tamu dan sebagainya nah ini sudah mulai edukasi, sosialisasi lagi," lanjut Ferdinan.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Wali Kota Bekasi nomor 37 Tahun 2019. Tim Satgas Zero Plastik berjumlah 25 orang yang terdiri dari berbagai SKPD, yakni Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dan Satpol PP.

Satgas Zero Plastik disosialisasikan mulai 1 Oktober hingga Jumat (4/10) besok dan mulai efektif beroperasi pada Senin (7/10). Pada masa sosialisasi, Satgas Zero Plastik akan menegur hingga menyita plastik yang dibawa pelanggar dan menukarnya dengan plastik ramah lingkungan.





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com