Satgas Karhutla Tangkap 3 Pembalak Liar di Jambi, 350 Kubik Kayu Disita

Ferdi Almunanda - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 21:44 WIB
Tersangka pembalakan liar. (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)
Tersangka pembalakan liar. (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)
Jambi - Tim Satuan Tugas Karhutla Jambi menangkap tiga pelaku illegal logging di Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi, Jambi. Ketiganya ditangkap di hutan di perbatasan Jambi-Sumatera Selatan dengan barang bukti berupa kayu sebanyak 350 kubik.

"Mereka ditangkap bersama barang bukti berupa kayu sebanyak 350 kubik yang terdiri dari kayu gelondongan dan kayu sudah dipotong. Mereka juga mengambil kayu jenis meranti dan kayu jenis lainnya, kita juga menduga mereka merupakan pelaku pembakaran hutan di Kabupaten Muaro Jambi. Namun itu masih kita kembangkan lagi,'' kata Kabid Perlindungan KSDA Provinsi Jambi, Taufik Bukhari, dalam jumpa pers di posko karhutla Jambi, Jalan Soekarno Hatta, Jambi, Rabu (2/10/2019).



Tiga tersangka ini merupakan warga asal Jambil, Sumsel, dan Riau yang berinisial MF, GC, dan SS. Ketiganya sudah diintai sejak lima hari lalu dan diduga juga sebagai pelaku pembakaran hutan di area tersebut.

Taufik menuturkan, tiga tersangka ini ditangkap Selasa (1/10) siang. Ketiganya sempat diinterogasi petugas hingga selanjutnya dibawa ke Jambi menggunakan helikopter untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari penangkapan ini, petugas mengamankan barang bukti berupa alat pemotong kayu. Taufik mengatakan, mereka menjalankan aksi pembalakan liar di dalam hutan sudah sekitar 15 hari.



"Jumlah mereka (red, pelaku) ini berkelompok dalam melakukan aksinya, hanya saja yang lain tiga berhasil diamankan, yang lainnya berhasil pergi dan kabur. Namun saat diinterogasi petugas di lokasi hutan, mereka ini mengaku melakukan aksinya itu dengan dibayar oleh seseorang. Namun keterangan tersebut belum dapat dipastikan karena proses pemeriksaan baru akan dilakukan berapa nominal pembayaran dalam melakukan pembalakan liar itu,'' ujar Taufik.

Selanjutnya
Halaman
1 2