Polisi Somasi Ananda Badudu soal 'Pemeriksaan Tak Etis Mahasiswa'

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 15:47 WIB
Foto: Ananda Badudu usai diperiksa polisi (Samsuduha)
Jakarta - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan mengirimkan surat somasi ke Ananda Badudu terkait ucapannya mengenai sejumlah mahasiswa yang tidak mendapat pendampingan pengacara dan diproses secara tidak etis. Dalam somasi itu, Subdit Resmob meminta Ananda mengklarifikasi pernyataannya.

"Begitu kejamnya pernyataan Ananda Badudu yang menyudutkan Resmob dan Polri pada umumnya kami sebagai anggota Polri nggak terima. Kira akan mengirim somasi ke Ananda Badudu, segera tolong klarifikasi," kata Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Rovan mengatakan surat somasi itu akan dikirim ke Ananda Badudu dalam waktu paling lambat 2 hari ke depan. Dia meminta Ananda mengklarifikasi ke media massa terkait ucapannya yang menyebut banyak mahasiswa diperiksa di Subdit Resmob tanpa didampingi kuasa hukum.

"Kalau dia salah, segera minta maaf agar masyarakat tidak dibuat bingung dengan pernyataan yang kemarin. Karena masih ada yang meyakini bahwa pernyataan dia benar," jelas Rovan.

Jika Ananda tidak mau mengklarifikasi hal itu, Rovan menyebut pihaknya akan menindak Ananda secara hukum. Rovan menyebut pernyataan Ananda itu mencemarkan nama baik institusinya.

"Ya kalau sudah terklarifikasi ya berarti proses hukum selesai. (Kalau tidak di klarifikasi) ya kita bawa ke ranah hukum. Dia sudah memberitakan berarti pencemaran nama baik atau hoax, bisa ke KUHP dan ITE," kata Rovan.