detikNews
2019/09/29 20:01:02 WIB

Round-Up

Mudik Ala Yasonna Laoly: Dari Kuningan ke Senayan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mudik Ala Yasonna Laoly: Dari Kuningan ke Senayan Yasonna Laoly (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Yasonna Laoly telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Hukum dan HAM. Yasonna menanggalkan jabatannya agar bisa dilantik sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

Mundurnya Yasonna tertuang dalam surat dalam salinan surat permohonan pengunduran diri yang dilihat detikcom. Surat itu bernomor: M.HH.UM.01.01-16.

Surat itu tertanggal Kamis (27/9) dan ditandatangani Yasonna. Dia mengatakan pengunduran diri itu disampaikan karena dia terpilih sebagai anggota DPR RI Dapil Sumatera Utara I. Hal itu juga berkaitan tidak diperbolehkannya menteri merangkap jabatan sesuai dengan Pasal 23 UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dari Bapak Presiden yang telah menunjuk saya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla serta atas dukungan selama saya menjabat," ujar Yasonna dalam suratnya.


Sebelum menjadi menteri, Yasonna mengawali karirnya dengan menjadi anggota DPRD Sumut pada periode 1999-2004. Pada tahun 2004, ia terpilih sebagai anggota DPR RI dari wilayah Sumatera Utara I. Dia duduk di Komisi II.

Yasonna yang saat menjadi Menkum HAM berkantor di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, berpindah kantor menuju Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Dia mengibaratkan terpilihnya dia di DPR sebagai pulang kampung. Pelantikan anggota DPR sendiri akan dilakukan pada Selasa, 1 Oktober 2019.

"Iya ya-ya lusa-lusa (1 Oktober 2019), kita kan dilantik. Balik ke kampung," ujar Yasonna di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/9/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com