Bawa 45 Bukti, KPK Yakin Penetapan Tersangka Bupati Kudus Sesuai Prosedur

Bawa 45 Bukti, KPK Yakin Penetapan Tersangka Bupati Kudus Sesuai Prosedur

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 26 Sep 2019 15:17 WIB
Sidang praperadilan Bupati Kudus. (Yulida Medistiara/detikcom)
Sidang praperadilan Bupati Kudus. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - KPK membawa 45 bukti dalam sidang lanjutan Bupati Kudus nonaktif Muhammad Tamzil. KPK yakin bukti tersebut sudah menunjukkan penetapan tersangka terhadap Tamzil sesuai dengan prosedur.

"Ada 43 bukti lalu ditambah 2 bukti jadi 45 bukti. Kami meyakini sesuai formil semua sudah dilalui sesuai hukum acara yang berlaku," kata tim biro hukum KPK, Juliandi Tigor Simanjuntak, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2019).


Salah satu bukti yang diserahkan KPK adalah bukti penerimaan uang yang ditandatangani staf khusus Bupati Agus Soeranto saat dia ditangkap. Diketahui, saat penangkapan Agus, KPK menyita uang Rp 145 juta dan Rp 25 juta dari Agus.

"Bukti terakhir yang kami sampaikan itu bukti memang kami memperoleh bukti penerimaan uang Rp 145 juta dan Rp 25 juta pada tangkap tangan di tanggal 26. Jadi proses tangkap tangan itu kami menemukan di tempat kediamannya saudara Agus dan Uka," kata Juliandi.

"Itu yang kami yakini uang yang untuk diberikan kepada pemohon. Nah, kemudian dari uang itu kami melakukan pengamanan. Makanya kami tunjukkan surat tanda penerimaan uang yang ditandatangani pada saat itu yang menguasai Agus dan Uka," sambungnya.


Selain itu, KPK menyampaikan bukti pemeriksaan saksi-saksi. Serta surat penetapan pengadilan terkait penggeledahan dan penyitaan barang bukti.

Seperti diketahui, Tamzil ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap terkait pengisian jabatan di wilayahnya. Ada dua orang lain yang ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus ini, yaitu staf khusus Bupati Agus Soeranto dan Plt Sekdis DPPKAD Kudus Akhmad Sofyan.

Tamzil diduga menerima duit Rp 250 juta dari Akhmad lewat Agus. Duit itu diduga untuk keperluan pembayaran utang pribadi Tamzil. (yld/knv)