Mendagri: Mahasiswa Harus Bersikap Jika Demo Ditunggangi Kepentingan Lain

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 17:09 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo (Eva/detikcom)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo menghargai aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa untuk menolak UU KPK-RUU KUHP. Namun dia meminta mahasiswa mengambil sikap jika unjuk rasa tersebut ditunggangi kepentingan lain.

"Menurut saya, kemarin yang muncul di sejumlah daerah nggak ada masalah. Apa pun aspirasi mahasiswa itu adalah murni. Hanya permasalahannya mahasiswa harus berani mengambil sikap kalau ada kepentingan-kepentingan lain ikut serta. Itu harus fair," kata Tjahjo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

"Apalagi sekarang sudah semakin modern, pakai CCTV, pakai drone semua orang sudah tahu. Ini mahasiswa atau tidak, ini teriaknya apa," imbuh dia.


Tjahjo juga mengaku tak masalah jika gedung milik pemerintah, termasuk gedung DPRD menjadi sasaran kericuhan unjuk rasa. Kendati demikian, dia meyakini bukan mahasiswa pelaku pembakaran tersebut.

"Itu wajar lah, pagar jebol diperbaiki lagi nggak ada masalah, namanya emosional. Saya yakin yang membakar bukan mahasiswa," kata Tjahjo.

"Secara prinsip pemerintah daerah dan DPRD apalagi DPRD bagian daripada pemerintah secara nasional, hukumnya wajib menerima setiap pengaduan masyarakat, baik perseorangan maupun dalam konteks 'demo'," imbuh dia.