detikNews
2019/09/23 19:27:46 WIB

Direktur Kedai Kopi: Jika Maju Pilwalkot Solo, Gibran Rugikan Jokowi

Ibad Durohman - detikNews
Halaman 1 dari 1
Direktur Kedai Kopi: Jika Maju Pilwalkot Solo, Gibran Rugikan Jokowi Jokowi dan Gibran (depan). (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftar sebagai kader PDIP. Setelah mendaftar, ayah Jan Ethes itu juga mengambil formulir pendaftaran Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020.

Pengamat politik dari Lembaga Survei Kedai Kopi, Hendri Satrio, melihat keinginan Gibran maju sebagai cawalkot Solo tidak menguntungkan Jokowi.

"Saya mikir, ngapain sih Gibran maju di Pilwakot Solo? Itu buat apa? Kalau menang, nanti ada anggapan mentang-mentang anak presiden. Kalau kalah? Ya lebih parah lagi kalau kalah," kata Direktur lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, kepada wartawan, Senin (23/9/2019).


Lebih lanjut Hendri mengatakan saat ini masalah Jokowi sedang menumpuk dengan banyaknya aksi demo mahasiswa dan kerusuhan di Papua, sehingga tidak tepat jika Gibran maju di Pilwalkot Solo.

"Jadi menurut saya, keuntungannya malah nggak ada sih dengan Gibran maju Pilwalkot Solo walaupun dia bisa menang mudah, ya," ungkap Hendri.

Diketahui Gibran resmi mendaftarkan diri menjadi anggota PDIP. Gibran mendatangi kantor DPC PDIP Surakarta pukul 13.55 WIB, Senin (23/9/2019). Pendaftaran dilakukan sebagai langkahnya untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota (cawalkot) Surakarta.


"Kedatangan saya juga sekaligus kalau diberi kesempatan mengambil sekaligus mengisi formulir pencalonan wali kota," kata pria yang juga pengusaha kuliner ini di sela menunggu proses mendaftar kader PDIP, Senin (23/9/2019).

Rencana Gibran maju di Pilwalkot Solo memang beredar beberapa waktu lalu. Bahkan sejumlah spanduk bertebaran di beberapa titik di kota itu sebelum akhirnya dilucuti Satpol PP.

Meski begitu, pihak keluarga yang dihubungi detikcom mengaku belum tahu rencana Gibran maju ke Pilwalkot Solo 2020.


"Saya belum dapat info soal itu (pencalonan Gibran. Katanya Mas Gibran sendiri yang mau kasih tahu info tersebut ke keluarga termasuk ke saya," jelas Haryanto, paman Gibran.

Namun hingga ramainya berita pendaftaran Gibran sebagai kader PDIP, kata Haryanto, Gibran belum juga mengabarkan niatnya maju Pilkada Solo kepada keluarga besarnya.
(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com