detikNews
2019/09/23 16:47:24 WIB

Sidang Suap PLTU Riau-1

Jaksa KPK Cecar Sofyan Basir soal Pertemuan dengan Setya Novanto

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jaksa KPK Cecar Sofyan Basir soal Pertemuan dengan Setya Novanto Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Direktur Utama (Dirut) PT PLN Sofyan Basir duduk sebagai terdakwa dalam lanjutan sidang perkara suap terkait proyek PLTU Riau-1. Jaksa KPK mencecar Sofyan dengan pertanyaan tentang beragam pertemuan yang dilakoninya, termasuk dengan mantan Ketua DPR Setya Novanto.

"Saat itu (Novanto menyampaikan ke Sofyan), 'Pak Dirut, saya dengar informasi dari Presiden program Nawacita tentang infrastruktur, kelistrikan. Kapan-kapan ada waktu? Saya mau ngobrol'," ujar Sofyan menirukan ucapan Novanto dalam pemeriksaan sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).




Momen pertemuan itu disebut Sofyan terjadi pada tahun 2016 di Istana Kepresidenan. Saat itu Sofyan masih aktif sebagai Dirut PLN, sedangkan Novanto adalah Ketua DPR. Setelahnya Sofyan mengaku bertemu dengan Eni Maulani Saragih di DPR setelah PLN melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR.

"Apa yang disampaikan?" tanya jaksa.




"Abis ketemu Pak Ketua (Setya Novanto). (Eni bilang) 'Ada waktu kita ketemu?' (Sofyan jawab) 'Atur saja waktunya'," kata Sofyan.

Setelahnya Sofyan bertemu dengan Novanto lagi di kediamannya bersama dengan Eni. Saat itu, menurut Sofyan, Novanto sempat menanyakan tentang proyek PLN.

"Beliau bilang perlu mengawal program pemerintah 35 ribu MW sampai selesai. Beliau menanyakan, 'Dengar ada yang mangkrak Jawa III, apa betul?'," kata Sofyan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com