detikNews
Selasa 17 September 2019, 19:18 WIB

Pritt!! Penerobos di Perlintasan Sebidang Rel KA Bakal Ditilang

Farih Maulana - detikNews
Pritt!! Penerobos di Perlintasan Sebidang Rel KA Bakal Ditilang Foto: Farih Maulana
Jakarta - PT KAI mensosialisasikan keselamatan berkendara bagi pengendara yang melintas di perlintasan sebidang. Dalam kesempatan itu, PT KAI juga mensosialisasikan penindakan bagi pengendara yang menerobos perlintasan di rel KA.

"Jadi intinya bahwa perlintasan ini sudah ada ketentuannya baik dalam Undang-Undang Perkereta Apian maupun di UU Lalu Lintas sudah dicantumkan, apabila melanggar ini bisa kena tindak pidana," ujar Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah, di perlintasan sebidang Bukit Duri Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

Kegiatan ini menindak lanjuti focus group discussion (FGD) di Hotel Borobudur beberapa waktu lalu. Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pengendara lalu lintas, terutama ketika melintas di perlintasan sebidang.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang semakin meningkat. Sebab, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara jalan tetapi juga perjalanan kereta api," kata Dadan.






Daop 1 mencatat ada 458 perlintasan sebidang yang mayoritas tidak terjaga. Pihaknya berupaya untuk menutup perlintasan yang tidak terjaga oleh petugas untuk mengurangi angka kecelakaan.

"Nah yang tidak terjaga ini sedikit demi sedikit kami kurangi dan karena itu tentunya melanggar undang-undang, karena undang-undang menyatakan bahwa perlintasan tidak sebidang apabila perlintasan itu sebidang bisa dipastikan itu aman dan memiliki izin dari Dirjen Perhubungan, kalau tidak punya izin harus ditutup," jelas Dadan.

Menurut Dadan, adalah kewajiban Pemda untuk mengevaluasi perlintasan sebidang di masing-masing wilayah. Pihaknya mengusulkan dibangun underpass atau flyover untuk mengurangi perlintasan sebidang.

"Kemarin sampai akhir 2019 itu sudah 27 perlintasan yang ditutup, termasuk yang kemarin kejadian di Karawang kami sudah melakukan penutupan juga," tuturnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com