Melihat Makam BJ Habibie dan Ainun Berdampingan di TMP Kalibata

Melihat Makam BJ Habibie dan Ainun Berdampingan di TMP Kalibata

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Jumat, 13 Sep 2019 10:26 WIB
Makam Habibie-Ainun dipenuhi bunga. (Jefrie/detikcom)
Makam Habibie-Ainun dipenuhi bunga. (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Sesuai permintaannya semasa hidup, Presiden RI ke-3 BJ Habibie dimakamkan bersebelahan dengan sang istri, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan. Pagi ini, makam keduanya dipenuhi taburan bunga oleh para pelayat.

Taburan bunga berwarna-warni diletakkan di sekitar makam BJ Habibie di lokasi, Jumat (13/9/2019). Aroma wangi juga tercium di makam presiden ke-3 RI tersebut.

Kondisi di TMPNU sendiri masih terpantau sepi pagi ini. Meski begitu, sudah ada beberapa pelayat yang hadir di sini, khususnya mereka yang datang untuk melayat makam Habibie dan mendiang istrinya, Ainun.


Di sekitar makam BJ Habibie dan Ainun juga masih terpasang tenda berselimut kain berwarna merah-putih. Para pelayat yang datang tampak terlihat berdoa dan berfoto dengan pusara kedua tokoh tersebut.
Melihat Makam BJ Habibie dan Ainun di TMP Kalibata yang Penuh BungaMakam Habibie-Ainun dipenuhi bunga. (Jefrie/detikcom)

Bendera setengah tiang juga masih tampak terpasang di bagian depan TMPNU. Pemasangan bendera setengah tiang ini sesuai dengan imbauan pemerintah kepada masyarakat mengenai masa berkabung nasional selama tiga hari sampai Sabtu (14/9) untuk menghormati meninggalnya BJ Habibie dengan mengibarkan bendera setengah tiang.

"Jadi kita menetapkan berkabung nasional selama tiga hari. Jadi nanti (hari ini) sampai tanggal 14 September," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.


BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pukul 18.05 WIB. Presiden RI Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam pemakaman BJ Habibie kemarin, Kamis (12/9).

(fdu/fdu)