detikNews
2019/09/12 14:36:51 WIB

Uji Capim KPK

Alexander Marwata: 3 Pimpinan KPK Setuju Kasus Firli Ditutup

Marlinda Oktavia Erwanti, Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Alexander Marwata: 3 Pimpinan KPK Setuju Kasus Firli Ditutup Capim KPK petahana Alexander Marwata (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Alexander Marwata mengatakan 3 pimpinan KPK sebenarnya sudah sepakat agar kasus dugaan pelanggaran etik terhadap mantan Deputi Penindakan KPK Firli Bahuri ditutup. Alexander pun mengaku tidak tahu bagaimana pada akhirnya pada Rabu malam kemarin konferensi pers digelar di KPK menyatakan Firli melakukan pelanggaran etik berat.

"Yang jelas 3 pimpinan menginginkan agar kasus Pak Firli itu ditutup. Disposisi terakhir secara tegas menyatakan agar kasus ditutup karena yang bersangkutan sudah diberhentikan dengan hormat, tanpa catatan. Itu ada 3 pimpinan," ujar Alexander dalam uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).




Merunut pada prinsip kolektif kolegial, menurut Alexander, seharusnya persoalan tentang Firli itu ditutup. Sebab, lanjut Alexander, 3 dari 5 pimpinan sudah satu suara.

"Ini kalau dilihat dari 5 pimpinan, yang 3 menyatakan supaya kasusnya ditutup, tentu seharusnya kalau dari prinsip kolektif kolegial ya seharusnya berhenti, kan gitu," ujar Alexander.

Alexander tidak menyebut dengan detail siapa saja 3 pimpinan yang dimaksudnya. Namun dia sempat menyebut seorang di antaranya adalah Ketua KPK Agus Rahardjo.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com