detikNews
Kamis 12 September 2019, 13:03 WIB

Prangko Kertas dan Emas Kisah Cinta Habibie-Ainun Dijual Massal PT Pos

Achmad Dwi Afriyadi - detikNews
Prangko Kertas dan Emas Kisah Cinta Habibie-Ainun Dijual Massal PT Pos Prangko kertas dan emas kisah cinta Habibie-Ainun dijual massal PT Pos. (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta - Presiden RI ke-3 BJ Habibie memesan prangko untuk memperingati delapan windu perjalanan cintanya bersama sang istri, Ainun Habibie. Prangko yang dipesan Habibie memiliki delapan seri yang bertema keluarga.

"Pak BJH (BJ Habibie) yang minta, pada saat ulang tahun pernikahan waktu itu. Seri pertama delapan windu, kemudian ada perjalanan religius, yang saya ingat ada seri keluarga. Prangko ini tema keluarga. Ada juga kisah cinta pada saat di Jerman jadi ada 8 seri," kata Creative PT Thareq Habibie Carbon, Andi Suhud, di rumah duka BJ Habibie Jakarta, Kamis (12/9/2019).


Andi mengatakan prangko itu dipesan dua tahun lalu untuk memperingati hari pernikahan dengan Ainun. Hari ini, pihak PT Pos Indonesia datang menyerahkan prangko seri pertama ke kediaman BJ Habibie.

Tiap seri prangko dicetak sebanyak 100 ribu lembar prangko kertas. Selain itu, ada prangko emas.

Tiap prangko didesain dari 5.000 fotoTiap prangko didesain dari 5.000 foto. (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)

"Semua dijual massal 8 seri, setiap seri ada 100 ribu prangko kertas dan 60 prangko emas. Distribusi PT Pos," tutur Andi.




Andi mengatakan sebelumnya Habibie meminta sejumlah desain dari beberapa desainer. Desain milik Andi yang dipilih Habibie. Andi membuat desain tiap seri prangko memuat 5.000 foto Habibie dan Ainun.

Andi awalnya membuat delapan model prangko sebagai alternatif pilihan. Namun di luar dugaan, Habibie bersedia delapan model prangko tersebut untuk dicetak.


Selain prangko kertas, akan dibuat prangko emasSelain prangko kertas, akan dibuat prangko emas. (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)

"Kebetulan saya yang mendesain perangko ini diminta dua tahun lalu oleh Pak BJH untuk mendesainkan prangko ini. Dan dari sekian desainer yang masuk Pak BJH, alhamdulillah saya yang diterima, desain saya konsep saya adalah menggabungkan foto-foto beliau sebanyak 5.000 dalam satu perangko," ujarnya.

Dia menuturkan, ada tiga BUMN yang terlibat dalam perangko ini yakni PT Pos Indonesia (Persero), PT Peruri (Persero), dan PT Antam (Persero) Tbk. Meski begitu, dia belum bisa merinci kapan perangko Habibie ini akan dirilis berikut harganya.
(jbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com