detikNews
2019/09/11 19:26:31 WIB

KPK Beberkan Rangkaian Pertemuan yang Bikin Firli Dinyatakan Langgar Etik

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 3 dari 3
KPK Beberkan Rangkaian Pertemuan yang Bikin Firli Dinyatakan Langgar Etik Konferensi Pers di KPK (Ahmad Bil Wahid/detikcom)

Dia mengatakan pertemuan-pertemuan itu tak ada hubungannya dengan tugas Firli sebagai Deputi Penindakan KPK saat itu. Firli juga disebut tidak meminta izin pimpinan untuk melakukan pertemuan dengan pihak yang terkait dengan perkara.

"Pertemuan-pertemuan tersebut tidak ada hubungannya dengan tugas F sebagai Deputi Penindakan KPK. Sebagai Deputi Penindakan KPK F juga tidak pernah minta izin melakukan pertemuan dengan pihak yang terkait perkara ataupun pihak yang memiliki risiko independensi dan tidak melaporkan seluruh pertemuan-pertemuan tersebut ke pimpinan KPK," tutur Tsani.



Tsani menyebut, dalam proses pemeriksaan ini, KPK telah mengumpulkan berbagai bukti, dari rekaman CCTV hingga keterangan saksi dan ahli. KPK juga telah menyampaikan surat kepada Komisi III DPR terkait rekam jejak capim KPK.

"Harapannya menjadi pertimbangan dalam proses pemilihan calon pimpinan KPK. Masyarakat membutuhkan Pimpinan KPK yang berintegritas dan dapat bekerja secara independen," ujarnya.
(abw/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com