Soal Masalah di Papua, Freddy Numberi Soroti Pengawasan Otonomi Khusus

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 21:28 WIB
Freddy Numberi (Foto: dokumentasi 20detik)
Jakarta - Tokoh Papua Freddy Numberi mengatakan pemerintah harus membuat konsep yang jelas dalam penyelesaian masalah di Papua. Menurut Freddy, pemerintah harus melibatkan semua pihak dalam penyelesaian masalah Papua.

"Kalau dialog begitu kan separuh-separuh. Orang yang dimaksud anak-anak itu harus ada konsep yang jelas, duduk bersama semua perwakilan duduk bersama gimana mau Papua ke depan," kata Freddy Numberi dalam diskusi 'Papua dalam Dialog' di Sekretariat PMKRI, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2019).



Pensiun TNI AL ini mengatakan pemerintah harus bisa mengakomodir aspirasi dari seluruh elemen masyarakat adat Papua. Sebab, Freddy khawatir bila tak mampu mengakomodir seluruh aspirasi masyarakat adat Papua maka akan timbul konflik internal.

"Makanya saya katakan Papua terdiri dari 7 budaya tidak mungkin hanya satu saja, karena itu akan menimbulkan konflik di mereka sendiri. Biarkan tumbuh dari bawah di antara kelompok itu Mamta bicara, kita di Mamta butuh apa, Saireri, Bomberai, Domberai, Lapogo, Meepagi, Ha-amin bicara, mau apa," tuturnya.