detikNews
2019/09/05 13:52:57 WIB

Tentang Pengelolaan PKL di New York yang Jadi 'Rujukan' Anies

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Tentang Pengelolaan PKL di New York yang Jadi Rujukan Anies Foto: Penjual makanan jalanan di New York saat melayani pelanggannya dengan tertib (dok. CNN)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut penataan pedagang di trotoar dilakukan di berbagai negara. Salah satunya, dia menyebut New York, Amerika Serikat (AS) sebagai pengelola pedagang di trotoar terbaik.

"Anda lihat di kota-kota besar. Bahkan salah satu kota yang memiliki manual pengelolaan PKL terbaik itu New York untuk di trotoar," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).


Menurutnya, penataan PKL ingin tempat berjualan wajar di trotoar. Ada PKL yang berjualan keliling, ada pula yang memiliki kios.

"Di seluruh dunia, yang namanya sidewalk itu ya ada untuk jalan kaki, ada untuk berjualan. Ada yang berjualannya permanen, ada yang berjualannya mobile. Yang permanen itu kios-kios, toko buku, itu banyak yang permanen," ucap Anies.

Anies berpandangan, seharusnya memang ada pembagian fungsi trotoar. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang membahas aturan tersebut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com