detikNews
Kamis 05 September 2019, 13:42 WIB

Polisi Cek Faktor Picu Tabrakan Maut Cipularang: Agar Antisipasi Lebih Tepat

farih - detikNews
Polisi Cek Faktor Picu Tabrakan Maut Cipularang: Agar Antisipasi Lebih Tepat Kakorlantas Irjen Refdi Andri (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Polisi membuat tim untuk mengkaji faktor-faktor yang diduga berkontribusi terhadap kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang KM 91. Tujuannya, agar bisa dibuat langkah antisipasi yang lebih tepat supaya kecelakaan serupa tak terulang.

"Tim kita baik di Polda, atau Polres dan di-backup oleh Korlantas melakukan penelitian melakukan pencermatan faktor apa saja yang berkontribusi terhadap kecelakaan itu. Tentu dengan kajian itu mengerucut apa faktor penyebab utama. Dengan mengetahui itu akan bisa kita lakukan, pertama kita bisa melakukan analisa dengan cara yang lebih tepat. Kemudian akan punya daya antisipasi yang lebih tepat," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri di Gedung NTMC Polri, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).


Dia pun mengimbau pengemudi bisa lebih berhati-hati. Refdi meminta pengemudi tak menggunakan ponsel saat mengemudi.

"Saya mengimbau kepada siapapun yang mengemudi jadi lah pengemudi yang berkeselamatan. Jangan jadi pengemudi yang agresif, dia ingin memacu kecepatan tanpa memperhatikan keselamatan dirinya dan orang lain," ujarnya.



Menurut Refdi, keselamatan itu sesungguhnya ada di tangan diri sendiri. Oleh karena itu, kata Refdi pengemudi jangan sampai membahayakan siapapun.

"Pernah mendengar bahwa keselamatan penumpang ada ditangan pengemudi. Keselamatan kendaraan ada ditangan pengemudi, keselamatan orang lain pun yang diluar kendaraan itu ada di tangan pengemudi," katanya.


Cerita Sopir Truk Maut Tol Cipularang: Sumpah Saya Nggak Kuat Ngerem!:

[Gambas:Video 20detik]




(haf/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com