detikNews
2019/09/05 10:23:04 WIB

PDIP: Isu Papua Harus Jadi Momentum Penyadaran Bahaya Rasisme

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
PDIP: Isu Papua Harus Jadi Momentum Penyadaran Bahaya Rasisme Politikus PDIP Charles Honoris (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PDIP mengapresiasi langkah cepat Polri dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelaku rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur. PDIP pun meminta isu Papua ini menjadi momentum untuk menggugah kesadaran masyarakat akan bahaya rasisme.

"Hal ini harus menjadi momentum untuk menggugah kesadaran kita semua tentang bahaya rasisme dan bahwa diskriminasi terhadap ras dan etnis bukan saja salah secara moral, tetapi juga memiliki sanksi hukum yang tegas bagi para pelakunya," kata anggota Fraksi PDIP Charles Honoris kepada wartawan, Kamis (5/9/2018).
Charles mengatakan perilaku diskriminasi terhadap ras dan etnis adalah sikap yang tidak dapat ditoleransi dengan alasan apa pun. Dia mengatakan UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis memberikan perlindungan kepada warga negara dari perilaku diskriminatif oleh siapa pun.

"Oleh karena itu, sudah tepat apabila Polri melakukan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang menyebarkan kebencian terhadap masyarakat Papua di Jawa Timur beberapa saat lalu," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com