Moeldoko Harap AS Dukung RI Terkait Situasi di Papua, Ini Kata Kemlu

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 03 Sep 2019 08:01 WIB
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah (tengah) (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap Amerika Serikat mendukung Indonesia terkait Papua. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyebut dukungan dari negara luar selama ini berkaitan dengan kedaulatan NKRI.

"Begini ya, dukungan itu kan konteksnya adalah negara-negara di dunia mendukung NKRI, keutuhan wilayah NKRI didukung dan diakui itu sudah cukup, lebih dari cukup. Cukup dalam artian tidak ada yang mempertanyakan status dari wilayah di NKRI di mana pun," kata Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (3/9/2019).


Faizasyah mengatakan dirinya tidak mengetahui persis konteks pernyataan Moeldoko. Namun, menurutnya, Indonesia selalu mengapresiasi dukungan negara-negara lain atas kedaulatan wilayahnya.

"Saya tidak tahu persis pertanyaan dari medianya apa ke Pak Moeldoko, jawaban beliau seperti itu refer ke apa kan konteksnya saya nggak tahu juga ya. Tapi kalau yang kita pasti, kita selalu menyampaikan apresiasi atas dukungan negara-negara atas integritas wilayah Indonesia, atas Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Itu yang selalu kita dapatkan dari negara-negara di dunia manapun, termasuk Amerika Serikat," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2