Melihat Bukti Sejarah Kerajaan Sriwijaya di Museum SMB II Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 29 Agu 2019 14:58 WIB
Peninggalan-peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Raja Adil Siregar/detikcom)
Jakarta - Ucapan budayawan Betawi yang menyebut 'Sriwijaya kerajaan fiktif dan bajak laut' menuai kritik. Berikut ini adalah foto dan bukti Kerajaan Sriwijaya itu nyata.

Pantauan detikcom, Kamis (29/8/2019) di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang terdapat dua bukti bahwa kerajaan Sriwijaya itu ada. Bukti pertama berupa Arca Ganesha.



Arca Ganesha adalah salah satu dewa panutan agama hindu. Dalam suatu bangunan candi biasanya sering sekali ditemukan. Arca ini ditemukan di daerah Pagaralam yang terbuat dari batu andesit.

Melihat Bukti Sejarah Kerajaan Sriwijaya di Museum SMB II PalembangFoto: Peninggalan-peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Raja Adil Siregar/detikcom)

"Arca Ganesha ini salah satu bukti kalau Kerajaan Sriwijaya itu ada. Ini bukti nyata yang bisa kita lihat," terang Tourist Guide Museum SMB II Abisofyan saat ditemui di lokasi, Kamis (29/8/2019).

Arca Ganesha, kata Abi, memiliki tinggi 175 cm dan lebar 110 cm ditemukan di halaman penduduk saat akan menggali tanah untuk pondasi rumah.