Kasasi Ditolak, Ahmad Dhani Dibui 1 Tahun karena Sebarkan Kebencian SARA - Halaman 2

Kasasi Ditolak, Ahmad Dhani Dibui 1 Tahun karena Sebarkan Kebencian SARA

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 29 Agu 2019 08:10 WIB
Ahmad Dhani (antara/detikcom)
Ahmad Dhani (antara/detikcom)

Menurut Majelis hakim kasasi yang diketuai oleh Andi Samsan Nganro dan anggota Desnayeti dan Sumardijatmo, bahwa alasan- alasan kasasi yang diajukan oleh Pemohon kasasi baik dari Jaksa/Penuntut Umum maupun dari Terdakwa, tidak dapat dibenarkan karena judex factie tidak salah dalam menerapkan hukum.

"Pengadilan Tinggi Jakarta yang memperbaiki mengenai pidana yang dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yaitu selama 1 tahun 6 bulan menjadi 1 tahun, sudah tepat karena putusan tersebut telah didasarkan pada pertimbangan hukum yang cukup dan penerapan hukum yang benar," ujar Andi.


MA menyatakan Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana 'dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh lakukan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan individu dan/atau kelompok berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan ( SARA)'.

"Atas dasar pertimbangan tersebut MA menyatakan menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum dan Terdakwa," pungkas Andi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3