ADVERTISEMENT

Round-Up

Geger Narasi 'Sriwijaya Kerajaan Fiktif' Ala Ridwan Saidi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Agu 2019 06:41 WIB
Foto: Budayawan asal Betawi, Ridwan Saidi. (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Ucapan Budayawan asal Betawi, Ridwan Saidi soal 'Sriwijaya Kerajaan Fiktif' menjadi sorotan. Pemkot Palembang menyesalkan pernyataan itu dan mempertimbangkan akan melaporkan ke polisi.

Penyebutan kerajaan Sriwijaya fiktif disampaikan Ridwan Saidi dalam suatu dialog lewat Youtube 'Macan Idealis'. Video pernyataan Sriwijaya fiktif itu viral di media sosial.

"Ya kita kecewa dengan kalimat seperti yang menyebut kerajaan Sriwijaya fiktif. Apalagi beliau (Ridwan Saidi) itu adalah budayawan," ujar Kabag Humas Pemkot Palembang, Amiruddin saat dihubungi, Rabu (28/8/2019).




Menurut Amir, pihak Pemkot Palembang sedang melakukan pembahasan untuk menindaklanjuti pernyataan Ridwan Saidi tersebut. Pembahasan ini juga untuk menentukan dilakukan-tidaknya upaya hukum terhadap Ridwan Saidi.

"Kita bahas dulu pernyataan itu, tentu penetapan kerajaan Sriwijaya itu tidak ditetapkan orang per orang. Tetapi ada data yang menyebut, ada prasati atau bukti sejarah dan itu semua ada" kata Amir.

"Masih dibahas apakah nanti ada upaya hukum atau tidak. Makanya kalau mau bicara ya harus pakai data, jangan asal-asal, tidak sembarangan. Bilang fiktif ya harus ada data," tegas Amir.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT