detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 13:23 WIB

KPU Akan Beri JK Penghargaan Atas Kontribusi di Pemilu dan Demokrasi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
KPU Akan Beri JK Penghargaan Atas Kontribusi di Pemilu dan Demokrasi Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Noval Dhwinuari/detikcom)
Jakarta - Ketua KPU Arief Budiman menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk melaporkan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 serta kesiapan Pilkada 2020. Kunjungan itu sekaligus untuk menyampaikan rencana KPU memberikan penghargaan ke JK.

"Pertama kita melaporkan kepada Pak JK, kita sudah selesai, bagian terakhir pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Kita melaporkan kesiapan Pilkada 2020," ujar Arief usai menemui JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta, Selasa (27/8/2019).



Arief mengatakan, penghargaan itu diberikan lantaran JK dinilai memiliki kontribusi besar dalam demokrasi dan pemilu. Tak hanya kepada JK, KPU juga akan memberikan penghargaan kepada para tokoh yang dinilai memiliki kontribusi besar di bidang demokrasi, pemilu, serta perdamaian.

"Sebetulnya penghargaan ini kami berikan (kepada para tokoh) ini yang ketiga kali. Yang pertama dulu kami berikan kepada BJ Habibie karena peran dia dalam demokrasi dan pemilu kita. Bagaimana dia menyatakan, terutama pada saat pemilu 1999," katanya.

"Yang kedua kita berikan kepada Prof Ramlan Surbakti karena konsistensi dia sejak sebelum reformasi, sampe setelah reformasi sampai sekarang ngurusi demokrasi dan pemilu di Indonesia. Yang ketiga ini rencananya kita berikan kepada Pak JK," lanjut Arief.



Arief mengungkapkan, penghargaan kepada JK diberikan karena JK dinilai memiliki peran dalam perdamaian di Indonesia dan dunia internasional.

"Kemudian peran dia di demokrasi dan pemilu kita. Dalam beberapa kerumitan menyelesaikan polemik, problem soal pemilu, ternyata Pak JK bisa memberikan jalan keluar untuk itu," pungkas dia.



Tonton juga video Permudah Kerja KPU, Polri Diganjar Penghargaan:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com