Anies: Tim Penyelenggara Formula E Puji Kualitas Jalan di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 12:51 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Federasi Otomotif Dunia (FIA) selaku penyelenggara Formula E sudah melakukan survei lintasan di jalanan Jakarta. Anies, menyebut FIA memuji kualitas jalan di Jakarta.

"Sudah (ada peninjauan). Jadi tim dari Formula E sudah datang ke sini melakukan peninjauan wilayah-wilayah Jakarta sebelum saya berangkat ke New York, Karena tidak mungkin kita melakukan negosiasi tanpa bahan kondisi lapangannya seperti apa," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (27/8/2019).



Hasil survei FIA, Anies mendapat laporan positif terkait kualitas jalan di Jakarta. FIA, kata Anies, memuji kualitas jalan di Jakarta.

"Jadi mereka memberikan itu semua, dan saya bangga loh lihat hasil mereka. Karena mereka memuji kualitas jalan-jalan di sini. Kita kan gunakan jalan umum bukan bikin sirkuit baru," kata Anies.

Namun, Anies tidak bisa menjelaskan soal kepastian sirkuit yang akan digunakan atau waktu penyelenggaraan. Menurutnya, saat ini Pemprov dan FIA masih menyelesaikan masalah administrasi agar Jakarta bisa jadi tuan rumah.

"Kami terikat komitmen dengan pihak Formula E untuk tidak mengumumkan apa pun sampai sisi mereka selesai menuntaskan pekerjaannya. Jadi, termasuk kalau ada pertanyaan apakah sudah ada tanda tangan atau belum," ucap Anies.



Anies juga berharap Jakarta tak hanya akan menjadi tuan rumah di 2020, tapi selama lima tahun. Sehingga akan menarik investor ke Jakarta.

"Keinginan kita adalah bisa beberapa tahun. Sehingga investasinya nggak cuma sekali pakai, kalau kita menjadi tuan rumah sebuah event hanya sekali pakai investasinya, manfaat terbatas," kata Anies.


Sementara itu, Anies mengatakan belum membentuk komite untuk pegelaran Formula E di Jakarta. Komite akan dibentuk jika FAI sudah menyelesaikan kesepakatan.

"Begini, kita sampai semua final dengan pihak Formula E, baru kemudian kita buat komite. Kan nggak lucu, kalo rencana pernikahan belum diputuskan sudah bikin panitia pernikahan gitu, iya kan? Jadi panitia pernikahan itu kan setelah lamaran diterima, resmi, terjawab, baru bikin komite atau panitia," ucap Anies.



Anies menyebut, Jakarta belum secara resmi menjadi tuan rumah Formula E. Tetapi, Anies mengaku sudah ada kesepakatan secara informal.

"Betul (tunggu proses selesai di FAI), dan secara informal semua juga beres. Kan ada formalitas di sana, jadi kita tunggu formalitas mereka. Setelah beres baru kita umumkan," ucap Anies.


Ibu Kota Pindah, Pembangunan di Jakarta Tetap Berjalan:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/idn)