detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 14:43 WIB

Diangkat Jadi Guru Besar UNS, Wimboh Bicara soal Revolusi Digital

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Diangkat Jadi Guru Besar UNS, Wimboh Bicara soal Revolusi Digital Foto: Faidah Umu Safuroh
Jakarta - Ketua OJK Wimboh Santoso resmi dikukuhkan menjadi guru besar tidak tetap Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dalam pidato ilmiahnya Wimboh Santoso bicara soal Revolusi Digital: 'New Paradigm' yang berisi tentang penggunaan teknologi dalam pengembangan perekonomian.

"Revolusi digital telah menjadi faktor utama pertumbuhan ekonomi. Meski demikian ada potensi risiko yang harus dimitigasi," jelasnya dalam pidato pengukuhan di Surakarta, Senin (26/8/2019).


Potensi yang pertama adalah transformasi digital akan menyebabkan biaya produksi menjadi lebih murah. Akibatnya, kemungkinan akan menurunkan daya tawar suatu negara berkembang dalam konteks biaya tenaga kerja.

Jika ini terjadi, lanjutnya, maka akan menyebabkan penurunan upah riil tenaga kerja di negara berkembang tersebut. Lalu berimbas pada pelebaran kesenjangan dalam pendapatan.

Konsekuensi yang kedua adalah potensi perbedaan perspektif waktu antara sektor keuangan dengan industri. Sektor keuangan mungkin lebih menghendaki imbal hasil dalam jangka pendek.

"Sedangkan sektor industri memiliki perspektif jangka panjang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan," imbuh pria 62 tahun ini.


Konsekuensi yang ketiga yaitu terjadinya disrupsi di dalam pasar tenaga kerja. Potensi hilangnya pekerjaan dan peningkatan pengangguran, lanjutnya, merupakan salah satu konsen utama dari pengambil kebijakan di berbagai negara.

Pengukuhan dilaksanakan Senin (26/8/2019) di Auditorium GPH Haryo Mataram, Surakarta. Pria asal Boyolali ini menjadi guru besar pertama yang berstatus tidak tetap di bidang ilmu manajemen risiko di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS.

Dalam acara tersebut turut hadir jajaran anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua, dan Chairul Tanjung, Para Anggota Dewan Penyantun UNS, Ketua Senat, Sekretaris Senat, para Guru Besar, serta Anggota Senat Universitas Sebelas Maret, dan masih banyak undangan lain. Para undangan yang hadir ikut memberikan ucapan selamat kepada Wimboh atas gelar barunya.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com