Kritik Mobil Baru Menteri Rp 147 M, HNW: Bangun Sekolah Lebih Diperlukan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 22 Agu 2019 11:19 WIB
Hidayat Nur Wahid (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengkritik pengadaan mobil dinas baru untuk menteri yang anggarannya mencapai Rp 147 miliar. Hidayat menilai anggaran itu sebaiknya digunakan untuk program pengembangan SDM unggul.

"Kalau uang senilai Rp 114 (147) miliar itu dipergunakan untuk beasiswa, misalnya, untuk anak-anak unggulan dan/atau untuk membantu sekolah-sekolah yang kemarin hancur akibat gempa di NTB maupun juga di Sulteng yang dijanjikan oleh Pak Jokowi, itu jelas lebih diperlukan oleh rakyat ketimbang mobil dinas yang sesungguhnya pun masih memadai untuk digunakan," kata Hidayat di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).


Menurut Hidayat, mobil dinas yang ada saat ini masih sangat memadai untuk digunakan. Ia sekali lagi menyebut anggaran untuk mobil menteri itu sebaiknya digunakan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

"SDM yang unggul itu memerlukan advokasi, di antaranya adalah anggaran. Saya lebih setuju bila pemerintah betul-betul jujur ya dengan program untuk memajukan SDM yang unggul. Dan karenanya seluruh anggaran yang ada mestinya dipergunakan untuk ke sana," ujar Hidayat.



Diberitakan, para menteri Presiden Jokowi akan mendapatkan mobil dinas baru. Anggaran untuk pengadaan mobil ini lebih dari Rp 147 miliar.

Dikutip dari laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Rabu (21/8), pemerintah telah melakukan Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri. Pengadaan ini dimulai pada 19 Maret 2019 dan kini lelang tender tersebut sudah selesai.

Lelang tender ini dimenangi PT Astra International Tbk-Tso dengan harga Rp 147.229.317.000. Masih merujuk pada laman LPSE, saat ini semua tahapan lelang tender sudah terlewati oleh PT Astra, dari Pembuktian Kualifikasi hingga Penandatanganan Kontrak.


Simak Juga Blak-blakan Hidayat Nur Wahid: Menjawab Isu Dukungan HTI

[Gambas:Video 20detik]

(azr/knv)