detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 11:32 WIB

Pasar Dibakar Massa, Aparat Kini Kendalikan Kondisi di Fakfak Papua Barat

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Pasar Dibakar Massa, Aparat Kini Kendalikan Kondisi di Fakfak Papua Barat Pasar di Fakfak, Papua Barat, dibakar massa. (Foto: Dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Aksi massa berujung pembakaran pasar terjadi di Fakfak, Papua Barat. Polri menyebut kondisi massa sudah bisa dikendalikan aparat dan tokoh masyarakat setempat.

"Tadi pagi memang sekitar pukul 09.00 WIT, ada pergerakan massa di Fakfak juga diduga melakukan pembakaran di pasar dan beberapa objek vital. Tapi insyaallah bisa dikendalikan kepolisian, TNI, mengedepankan upaya-upaya persuasif, komunikasi dengan di-support penuh oleh seluruh tokoh agama, tokoh sentral di sana," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (21/8/2019).

Iqbal menyebut peristiwa di Fakfak diduga masih berkaitan dengan aksi di Manokwari dan Sorong. Hingga kini aparat terus melakukan upaya persuasif untuk mengamankan situasi.




"Kita duga itu (terkait Manokwari dan Sorong). Saat ini sedang dilakukan upaya-upaya persuasif dengan elemen masyarakat. Boleh menyampaikan aspirasi, tapi jangan anarkis," ujarnya.

Saat ini situasi di Papua Barat, menurut Iqbal, sudah terkendali. Aksi yang sebelumnya terjadi di Manokwari dan Sorong juga sudah reda.




"Secara umum, situasi, khususnya di Papua Barat, bisa kita kendalikan, khususnya di Manokwari dan Sorong, sudah cenderung kondusif, tidak ada pergerakan massa, tidak ada lagi gerakan yang berujung anarkisme. Ini adalah kerja sama antara seluruh elemen masyarakat," pungkasnya.



Video Pasar Thumburuni di Fakfak Dibakar Massa:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com