Round-Up

Cerita HUT RI di Mancanegara yang Bikin Bangga

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Agu 2019 21:00 WIB
Foto: Marco Fonza saat pimpin upacara Bendera di Toronto (dok. KJRI Toronto)


Mahasiswa asal Papua Jadi Komanda Upacara di Toronto, Kanada

Nuansa khidmat dan unik juga terjadi dalam perayaan HUT RI, di Toronto, Kanada. Upacara bendera langsung dipimpin oleh mahasiswa Indonesia asal Papua bernama Yulian Marco Fonza Awairaro.

Marco merupakan penerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua. Dia mengaku bangga bisa memimpin upacara pengibaran bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, yang diselenggarakan di Wisma Indonesia, Toronto, Kanada (17/8/2019).

"(Saya) Bangga dapat menjadi pemimpin upacara (bendera) di Toronto tahun ini. Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata", kata Marco usai pelaksanaan upacara.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Toronto, Leonard F. Hutabarat menyatakan bahwa dirinya memang sengaja melibatkan peran mahasiswa dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh KJRI Toronto. Tak terkecuali upacara pengibaran bendera.


Meski Diguyur Hujan, WNI di Denmark Tetap Semarakkan HUT RI

Kondisi cuaca yang buruk tak menghalangi rasa kencintaan WNI terhadap negerinya. Meskipun diguyur hujan yang cukup deras, WNI di Denmark tetap semangat ikut upacara bendera HUT RI ke-74. Acara tersebut diselenggarakan di KBRI Kopenhagen, Denmark.

Acara ini digelar pada Sabtu (17/8/2019). Upacara bendera langsung dipimpin oleh Dubes RI untuk Denmark M Ibnu Said yang bertindak sebagai pembina upacara.

Sebagian dari mereka yang hadir adalah WNI yang tinggal di daerah Jutland. Mereka rela menempuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk ikut memeriahkan HUT RI. Tidak hanya mereka yang tinggal di Denmark, ada juga mereka yang tinggal di kota Lund, terletak di perbatasan Swedia dan Denmark, juga turut meramaikan acara ini. Sebagian besar dari mereka hadir dengan mengenakan pakaian adat daerah.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari kemerdekaan RI di Kopenhagen kali ini sedikit berbeda. Perayaan ini dimeriahkan oleh goyangan musik dangdut. Penyanyi dangdut Kristina bahkan didatangkan khusus dari Jakarta untuk menghibur WNI.

"Ini pertama kalinya saya menyanyi di Kopenhagen dan juga pertama kalinya menyanyi sebanyak ini dalam acara yang diselenggarakan KBRI. Itu karena masyarakat Indonesia di Denmark ini sangat baik-baik dan asik-asik sehingga saya lupa sudah menyanyi berapa lagu," ujar Kristina sambil tertawa usai pentas.

Saat Merah Putih 'Selimuti' Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab

Keunikkan HUT RI juga ada di Dubai, Uni Emirat Arab. Kali ini, justru memicu kebanggaan yang luar biasa. Pasalnya, Burj Khalifa, yang dikenal sebagai gedung tertinggi di dunia, diselimuti warna merah-putih, yang merupakan warna bendera Indonesia.

Momen merah putih yang menyala-nyala di Burj Khalifa itu terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram resmi KBRI Abu Dhabi. Meski durasinya kurang dari satu menit, momen ini tetap disambut antusias oleh WNI di Dubai.

Atraksi tersebut merupakan bentuk solidaritas dan dukungan perayaan HUT kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, di Dubai, Sabtu malam (17/8/2019). Lampu di fasad Burj Khalifa berubah jadi merah dan putih.

"Atraksi light show di gedung tertinggi di dunia itu menarik atensi banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia yang tinggal di UEA," tulis KBRI Abu Dhabi dalam akun @kbriabudhabi.


Dijelaskan pula dalam akun tersebut, sejumlah orang tampak sangat antusias terhadap pertunjukan unik ini. Beberapa di antara mereka ada pula mengenakan baju merah dan putih, bahkan batik, yang merupakan simbol khas Indonesia.

KBRI Abu Dhabi juga menjelaskan bahwa acara ini dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Dubai Ridwan Hasan serta sejumlah staf KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai. Meski berlangsung singkat, atraksi ini tetap mampu memukau hadirin yang menyaksikannya secara langsung.
Halaman

(rdp/imk)