detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 14:54 WIB

Kriteria Menteri Jokowi Bagi Akbar Tandjung: Berintegritas-Kompeten

Eva Safitri - detikNews
Kriteria Menteri Jokowi Bagi Akbar Tandjung: Berintegritas-Kompeten Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung menyarankan Presiden Joko Widodo memilih orang yang memiliki integritas tinggi untuk masuk kabinet. Serta memiliki kemampuan manajemen dan cepat mengambil keputusan.

"Saya kira yang paling ini ya sesuai dengan apa yang dia sampaikan selama ini, tentang orang-orang yang diharapkan menjadi pembantu beliau, orang-orang yang pertama tentu dari segi integritas, dari segi kompetensi, dari segi kemampuan manajemen, dan orang yang mengambil keputusan yang cepet," ujar Akbar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).


Hal terpenting, menurut Akbar, Jokowi harus memilih calon menteri yang sejalan dengan programnya. Dengan begitu, terwujud cita-cita Indonesia untuk lebih sejahtera.

"Semua itu kan semangatnya harus sejalan dengan apa yang dia inginkan, dalam rangka menjadikan Indonesia maju, bersatu, sejahtera, dan SDM yang patut kita persiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong berbagai perubahan di masyarakat," katanya.


Jokowi sampai saat ini belum memilih calon yang akan masuk kabinetnya di periode kedua. Namun Jokowi sudah memiliki kriteria terkait komposisi menteri, pada Rabu (14/8), dalam pertemuan dengan pimpinan redaksi media massa di Istana Negara.

Jokowi mengungkapkan desain kabinet di periode keduanya. Dari usia, latar belakang, hingga kementerian baru. Beberapa poin tersebut terkait dengan usia menteri yang akan diisi kalangan generasi muda. Menteri muda ini berusia di bawah 30 tahun.


"Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional sebanyak 55 persen dan parpol sebanyak 45 persen. Selanjutnya terkait Jaksa Agung yang akan diisi dari kalangan nonparpol hingga mengubah nomenklatur kementerian atau kementerian baru.



Kabinet Baru Jokowi 45% Parpol, Golkar: Insya Allah Masuk:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed