Soal Bau Pesing di Trotoar Dekat MRT Lebak Bulus, Anies: Biar Dibersihin

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 18:33 WIB
Foto: PPSU-Damkar bersihkan bau pesing di trotoar dekat Stasiun MRT Lebak Bulus. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Trotoar di dekat Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan bau Pesing. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta lokasi tersebut segera dibersihkan.

"Biar dibersihin lah, nggak usahlah Gubernur jawab itu," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (15/8/2019).


Seperti diketahui, bau pesing yang tercium di trotoar menuju Stasiun MRT Lebak Bulus dikeluhkan masyarakat. Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) sudah membersihkan lokasi bau pesing itu. Bau pesing itu disebut karena sopir angkot kerap kencing sembarangan.

"Sopir angkot. Kebanyakan kan sopir angkot yang di sini. Memang angkot ini terlalu banyak di sini, jadi dia kencing sembarangan aja," kata salah satu petugas PPSU, Romli, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Romli mengatakan bukan pertama kalinya trotoar tersebut berbau pesing. Sejak tiga bulan lalu, bau pesing sudah kerap tercium di kawasan itu.

"Dua bulan, tiga bulan yang lalu juga udah nyium (bau pesing). Cuma baunya nggak nyengat kayak yang minggu-minggu ini sehingga warga ngadu, sehingga atasan menurunkan pembersihan seperti ini," tuturnya.

Sementara itu, seorang sopir angkot, Rahmat Hidayat (21), mengaku setiap malam melihat orang kencing di lokasi yang memang menjadi tempat mangkal angkot itu. Tidak hanya sopir angkot, sopir taksi juga melakukan itu.

"Kalau sopir angkot rata-rata tiap malam kencing di sini. Kadang sopir taksi," kata Rahmat saat ditemui di lokasi. Rahmat mengaku mengaku tidak pernah kencing di lokasi itu.


Menurut Rahmat, sopir biasanya kencing di daerah itu pada malam hari. Rahmat mengaku setiap malam melihat sopir kencing di situ.

"Tiap malem. Kalau siang-siang mah nggak berani dia, Bang. Kalau siang-siang paling orang kencing sembarangan di kebon, di got, pinggir jalan. Kadang tiap malem di sini," ucapnya.

Sebenarnya, di sekitar lokasi, ada toilet umum yang disediakan warung makan di seberang jalan tapi berbayar. Para sopir biasanya malas menyeberang, apalagi berbayar. WC umum itu juga tutup di atas pukul 24.00 WIB.



Tonton video Rayakan HUT RI, MRT Akan Tampilkan Instalasi Kereta Sejarah:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/idh)