detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 18:49 WIB

Ganjil Genap DKI Batasi Akses ke RS, New Delhi dan Paris Punya Cara

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Ganjil Genap DKI Batasi Akses ke RS, New Delhi dan Paris Punya Cara Foto: Uji coba ganjil genap di Jl Pramuka (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang memikirkan akses rumah sakit (RS) yang berada di jalur perluasan sistem ganjil genap. Pasalnya, sistem ganjil genap ini dinilai menghambat perjalanan ke rumah sakit, khususnya RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang berada di Jalan Diponegoro. Di negara lain, kendaraan yang menuju rumah sakit mendapat pengecualian.

"Tapi banyak kebutuhan, kepentingan masyarakat yang harus dipertimbangkan, misalnya ada 1 ruas jalan yang di situ ada 3 rumah sakit nasional itu kita akan pikirkan," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka selatan, Selasa (13/8/2019).

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan beberapa evaluasi selama masa uji coba ganjil genap sampai 6 September 2019. Setelah uji coba berakhir akan dibuat peraturan utuh berdasarkan evaluasi.

"Itu kita tidak akan serta merta kemudian membuat kebijakan tanpa memikirkan itu. Itu mengapa peraturan gubernur sebelum dikeluarkan, karena pada fase ini adalah fase uji coba, tapi kalau tidak diselenggarakan uji coba, maka tidak akan mulai. Jadi, kita akan bicara dengan semua pihak, setelah itu selesai, kita akan teruskan," kata Anies.

Diketahui, perluasan ganjil-genap di Jakarta sempat menuai kritik dari pengguna Jalan Pramuka karena dinilai menghambat perjalanan ke rumah sakit, khususnya RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang berada di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI meminta warga menggunakan layanan ambulans yang telah disediakan Pemprov DKI jika dalam kondisi darurat.

Kota di negara lain punya aturan lain untuk memudahkan mereka yang ingin ke rumah sakit. Utamanya mereka yang dalam keadaan darurat.

New Delhi, India

New Delhi ibukota India pernah menerapkan kebijakan ganjil genap. Cara ini ialah bagian dari upaya untuk menekan tingkat polusi di New Delhi yang sangat mengkhawatirkan.

Sebagaimana dilansir BBC, selama 15 hari pertama Januari 2016, pelat nomor mobil yang diakhiri dengan angka ganjil akan diizinkan pada tanggal ganjil. Sementara pelat nomor berakhir dengan angka genap akan diizinkan pada tanggal genap.

Untuk pengendara yang ingin ke rumah sakit, ada pengecualian. Ambulans diperbolehkan lewat pada jalur ganjil genap. Selain itu, mereka yang dalam perjalanan ke rumah sakit untuk perawatan darurat juga diizinkan untuk pergi jika mereka dapat membuktikan keadaan darurat tersebut. Terlepas apakah si pengendara berbohong atau tidak. Sebagai contoh, korban kecelakaan yang sedang berdarah-darah diperbolehkan lewat.

Pengecualian ini juga berlaku untuk kendaraan penjara, mobil jenazah, kendaraan penegak hukum, pasukan paramiliter dan orang VIP seperti Presiden atau menteri.

Namun, daftar pengecualian ini telah menyebabkan banyak permasalahan. Kepala polisi Delhi mengatakan menegakkan skema itu sulit.

Hasilnya, kebijakan ini gagal dalam menekan angka polusi di New Delhi secara signifikan. Kebijakan ini hanya berlaku selama beberapa hari saja. Penduduk New Delhi menolak kebijakan ini lantaran alasan kenyamanan. Dalam hal ini, jaringan transportasi publik di New Delhi belum cukup memadai.

Paris, Perancis

Di Paris ibukota Perancis, kebijakan ganjil-genap juga diberlakukan pada tahun 2014. Sebagaimana dilansir dari NPR, Kebijakan ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi emisi mobil di Kota Paris.

Hanya mobil dengan pelat nomor bernomor ganjil yang bisa berada di jalan rues et boulevards, pada hari Senin. Sedangkan pada hari Selasa, jalan-jalan kota harus dibuka hanya untuk mobil dengan plat bernomor genap. Mulanya banyak yang melanggar aturan ini dan mendapat denda $ 30.

Lantas mengutip Independent UK, untuk akses ke rumah sakit ada juga pengecualian untuk kendaraan darurat. Taksi, mobil listrik atau hybrid dan yang membawa tiga orang atau lebih juga termasuk. Semua truk dilarang kecuali kendaraan darurat dan mereka yang membawa barang yang mudah rusak.

Namun, pada akhirnya, perlahan tapi pasti kebijakan ini berbuah hasil. Kebijakan ganjil-genap telah berkontribusi mengurangi asap polusi di Paris.




Tonton Video Dilema Ganjil-Genap dan Akses ke Rumah Sakit:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed