Titik-titik Kamera E-TLE Muncul di Waze, Pengendara Diimbau Tetap Tertib

Titik-titik Kamera E-TLE Muncul di Waze, Pengendara Diimbau Tetap Tertib

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 13 Agu 2019 11:29 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta - Keberadaan kamera tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/E-TLE) kini muncul di aplikasi navigasi Waze. Dengan begitu, pengendara bisa menghindari pelanggaran lalu lintas.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Made Agus mengimbau masyarakat agar tetap tertib berlalu lintas, meski tidak sedang berada di kawasan yang terdapat kamera E-TLE. Made mengatakan pihaknya mulai mensosialisasi 'keberadaan' kamera E-TLE pada aplikasi Waze.

"Jadi pengendara itu banyak yang gunakan Waze untuk mengecek macet atau tidak. Di situ (aplikasi Waze) juga ada (pemberitahuan titik-titik) kamera E-TLE," kata Made Agus kepada detikcom, Selasa (13/8/2019).

Pengguna aplikasi Waze dapat menerima notifikasi mengenai titik-titik kamera E-TLE. Untuk diketahui, Waze juga bisa menampilkan titik-titik keberadaan polisi lalu lintas.


"Di aplikasi Waze itu kita dikasih warning dari Waze, 'wah ada kamera E-TLE di depan', otomatis kalau kamu mau pakai mobil ya tertib nih pakai sabuk pengaman, jangan melanggar," ungkap Made.

Made mengatakan saat ini pemberitahuan E-TLE itu baru ada di aplikasi penunjuk arah di Waze. Ia berharap hal ini dapat mengedukasi pengendara untuk makin tertib berlalu lintas, tidak hanya ketika ada polisi atau kamera tilang.

"Jadi untuk sebagai sarana preventif edukasi kepada masyarakat bahwa ada sistem di situ sehingga masyarakat lebih tertib dia," pungkas Made.




Video Wah Google Buka Kemungkinan Bakal ''Pensiunkan'' Waze:

[Gambas:Video 20detik]

(sam/mea)