detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 18:00 WIB

KPU Sebut Penetapan Caleg DPR Terpilih Usai Pelaksanaan Putusan MK

Dwi Andayani - detikNews
KPU Sebut Penetapan Caleg DPR Terpilih Usai Pelaksanaan Putusan MK Foto: KPU (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU akan menetapkan kursi dan calon anggota legislatif terpilih DPR RI Pemilu 2019. Penetapan ini disebut dilakukan setelah seluruh putusan MK dilaksanakan.

"Kita tunggu setelah selesai semua pelaksanaan putusan MK, hitung ulang dan PSU ya," ujar komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik di kantor KPU, Jl Imam Bonjol Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).


Evi mengatakan, hal ini dikarenakan MK, dalam putusannya, memerintahkan pengubahan surat keputusan KPU 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tentang hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019. Sehingga, KPU akan terlebih dulu menetapkan SK, usai hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU).

"Amar putusan MK meminta KPU menetapkan hasilnya, karena gugatankan pada SK KPU 987 tentang hasil pemilu," ujar Evi.

"Karena harus ditetapkan KPU maka ditunggu hasilnya," sambungnya.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan beberapa putusan telah ditindaklanjuti seperti putusan penetapan ulang di tiga tempat pada Kepulauan Riau.

"Sabtu kemarin sudah dilaksanakan tindak lanjut putusan untuk 3 locus di Kepulauan Riau," ujar Ilham.


Sementara hari ini, disebutkan bahwa PSSU dilakukan di Kota Surabaya dan Trenggalek. PSSU ini dilakukan sejak pagi tad.

"Surabaya dan Trenggalek penghitungan surat suara ulang hari ini. Iya (di Surabaya), sudah mulai jam 09.30 WIB," kata Ilham.

Sebelumnya, MK memutuskan mengabulkan 12 perkara terkait gugatan hasil suara Pileg 2019. 12 perkara yang dikabulkan terdiri dari 2 gugatan di Kabupaten Bintan, 1 gugatan di Surabaya, 1 gugatan di Trenggalek, Kalimantan Barat dan Pegunungan Arfak. Selanjutnya terdapat 2 putusan di Aceh, 1 putusan di Sumatera Utara (Sumut), 1 putusan di Sulawesi Tengah, dan 1 putusan di Bekasi.

Dari 12 perkara yang dikabulkan tersebut terdapat putusan berupa Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU). PSU terjadi di Sulawesi Tengah. Sedangkan PSSU terdapat di Sumut, Aceh, Pegunungan Arfak, Surabaya dan Trenggalek.





Tonton Video KPU Optimis Tak Ada Pemungutan Suara Ulang di Pileg 2019:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed