detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 09:38 WIB

Setya Novanto Akan Bersaksi di Sidang Sofyan Basir Hari Ini

Zunita Putri - detikNews
Setya Novanto Akan Bersaksi di Sidang Sofyan Basir Hari Ini Setya Novanto (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Terpidana korupsi e-KTP Setya Novanto dijadwalkan akan bersaksi di sidang kasus suap proyek PLTU Riau-1. Novanto akan bersaksi untuk terdakwa Sofyan Basir.

"Rencananya begitu, (saksi) hanya Setya Novanto infonya," ujar pengacara Sofyan, Soesilo Ariwibowo kepada wartawan, Senin (12/8/2019).

Soesilo mengatakan sidang pemeriksaan saksi diagendakan mulai pukul 13.00 WIB. Dijadwalkan, hari ini hanya Novanto yang akan bersaksi.



Seperti diketahui, nama Novanto memang sering disebut dalam sidang kasus suap proyek PLTU Riau-1. Dalam persidangan Eni Saragih dan Kotjo, Novanto disebut beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Eni, Kotjo, Idrus Marham, dan juga Sofyan Basir di kediamannya. Bahkan, Novanto juga disebut pernah meminta proyek PLN kepada Sofyan.

Sofyan Basir / Sofyan Basir / Foto: Ari Saputra


Dalam dakwaan jaksa, Sofyan disebut membantu memfasilitasi pemberian suap dari pengusaha Johanes Budisutrisno kepada eks anggota DPR RI Eni Maulani Saragih dan eks Mensos Idrus Marham. Sofyan, juga disebut jaksa, melakukan pemufakatan jahat.



Pemufakatan jahat yang dimaksud jaksa adalah karena Sofyan membantu Eni selaku anggota DPR mendapatkan suap dari Kotjo pengusaha yang ingin mendapatkan proyek di PLN.

Tak hanya itu, Sofyan juga didakwa berperan aktif memerintahkan jajarannya agar kesepakatan dengan Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1 segera direalisasi. Sofyan pun disebut ada di berbagai pertemuan di hotel, restoran, kantor PLN, dan rumah Sofyan terkait pembahasan proyek ini.



Tonton juga video Isi Pesan Sofyan Basir: 'Anak-anak' Saya Diperhatikan:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com