Meski Sedang Renovasi, Istiqlal Siap Tampung 150 Ribu Jemaah Salat Idul Adha

Meski Sedang Renovasi, Istiqlal Siap Tampung 150 Ribu Jemaah Salat Idul Adha

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 10 Agu 2019 19:50 WIB
Masjid Istiqlal (Foto: Farih/detikcom)
Masjid Istiqlal (Foto: Farih/detikcom)
Jakarta - Masjid Istiqlal hingga saat ini masih dalam tahap renovasi besar-besaran. Meski begitu, Masjid Istiqlal dipastikan tetap akan dipenuhi jemaah saat pelaksanaan Salat Idul Adha.

"Betul sekali bahwa kami sedang renovasi besar-besaran. Di mana untuk Idul Adha tahun ini parkir hampir sempit sekali," ujar Wakil Ketua Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).



Abu mengatakan pada saat Idul Adha di Indonesia tidak ada budaya pulang ke kampung halaman. Abu menyebut Masjid Istiqlal akan dipenuhi sekitar 150 Ribu jemaah yang hendak melaksanakan salat Idul Adha.

"Mengingat bahwa Idul Adha itu tidak ada budaya mudik, berarti yang datang ke Istiqlal ini sangat banyak, mungkin sekitar 150 ribu orang," katanya.



Abu menganjurkan jemaah yang hendak melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal supaya datang lebih awal.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan shaf di lantai utama dianjurkan untuk datang, kalau bisa salat subuh di Masjid Istiqlal. Kalau datang jam 6 itu pasti tempatnya di lantai dasar," katanya.

Selain itu, Abu mengimbau para jemaah untuk datang menggunakan kendaraan umum. Hal itu dikarenakan daya tampung parkiran kendaraan Masjid Istiqlal sedikit berkurang lantaran ada beberapa lahan yang ditutup.

Jika jemaah tetap memaksakan datang menggunakan kendaraan pribadi. Maka kendaraan para jemaah akan memarkirkan kendaraan tersebut lebih jauh dari Masjid Istiqlal.

"Kami sudah koordinasi dengan gedung pertamina, itu bisa dipakai, Kementrian Agama dekat Lapangan Banteng juga bisa, Hotel Borobudur Lapangan Banteng dan sekitarnya, Kantor Pos, bahkan di Katedral sendiri masyarakat bisa gunakan lahan parkirnya," pungkasnya.



Tonton juga video Bikin Kaget, Ada Sapi Kurban 'Mampir' ke Kafe Semarang:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)