Polri Ungkap 3 Temuan Awal Terkait Listrik Padam Massal

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 14:17 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Polri membentuk tim khusus untuk mengungkap penyebab listrik padam massal di sebagian Jawa. Saat ini Polri sudah menemukan tiga fakta awal terkait kejadian itu.

"Dari hasil tim labfor yang di TKP, yang di unit pembagian beban Ungaran itu sudah diteliti. Dugaan sementara, ada flash, betul. Kemudian ada loncatan listrik itu betul, kemudian pohon yang terbakar itu betul," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).


Selanjutnya, tim akan melakukan penelitian di wilayah yang terdampak pemadaman. Penelitian itu akan dimulai dari Ungaran dan berakhir di Jakarta.

"Tim akan melakukan penelitian dari hulu, dari Ungaran dulu, ada 225 pembangkit. Kemudian nanti jalurnya Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan terakhir Jakarta. Yang terpenting jadi fokus tim investigasi di P2B Gandul," ujar Dedi.


Dedi menjelaskan, di P2B Gandul, bisa dipantau keadaan listrik di 225 pembangkit. Selain itu, Polri akan melakukan pendalaman di kantor PLN.

"Karena di situ bisa dipantau per 30 menit terkait masalah power plant yang ada di 225 pembangkit tenaga listrik, itu bisa dilihat semuanya sejauh mana kesiapannya secara teknis kemudian dari human," tuturnya.

"Kemudian nanti akan didalami lagi di PLTU Suralaya, di PLTU Muara Karang, terakhir sentralnya ada di PLN," imbuh Dedi.



Tonton video KPK Soroti Pohon Sengon Terkait Listrik Padam Massal:

[Gambas:Video 20detik]

(abw/idh)