Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap 12 Agustus, Resmi Berlaku 9 September

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 11:56 WIB
Ilustrasi penerapan ganjil-genap. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI membuat sejumlah perubahan soal kebijakan ganjil-genap di Jakarta, dari rute hingga durasi. Kebijakan baru itu berlaku mulai 9 September 2019.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memaparkan konsep baru ganjil-genap dalam jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019). Berikut ini timeline penerapan ganjil-genap versi baru itu:

Sosialisasi: 7 Agustus-8 September 2019
Uji coba: 12 Agustus-6 September 2019
Implementasi dan penegakan hukum: 9 September 2019



"Kalau sosialisasi kan dilakukan oleh lembaga Dishub, kita hanya mendukung melakukan sosialisasi pada ruas jalan baru. Sifat kami back up berikan sosialisasi. Saat implementasi nanti, tugas kepolisian yang harus di-back up oleh dinas terkait," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir dalam jumpa pers yang sama.

"Uji coba tanggal 12 Agustus-6 September 2019. Itu uji coba, ada tindakan, tapi tidak dengan represif. Ditegur dialihkan ke luar jalur," tambahnya.



Dalam konsep baru ini, rute ganjil-genap diperluas hingga 16 ruas jalan baru. Beberapa ruas jalan baru itu di antaranya Jl Fatmawati, Jl Salemba Raya, dan Jl Gunung Sahari.

Durasi pemberlakuan ganjil-genap juga diperpanjang. Kini, ganjil-genap berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Durasi pada malam hari ditambah.

Kendaraan dari exit tol yang dulu dikecualikan, kini akan dikenai ganjil-genap. Zona ganjil-genap untuk exit tol ini membentang dari Cawang sampai Tomang.


Soal Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta, Djarot Beri Wejangan:

[Gambas:Video 20detik]


Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap 12 Agustus, Resmi Berlaku 9 September
(imk/fjp)