detikNews
2019/08/02 08:00:39 WIB

Round-Up

Abah Grandong Tampakkan Diri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Abah Grandong Tampakkan Diri Abah Grandong (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Abah Grandong akhirnya menampakkan diri. Setelah dicari selama berhari-hari, pria pemakan kucing hidup-hidup itu mendatangi Polres Jakarta Pusat.

Nama Abah Grandong mendadak diperbincangkan setelah videonya memakan kucing hidup-hidup viral di media sosial. Lokasi kejadiannya disebut-sebut berada di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.


Beragam spekulasi disampaikan netizen terkait aksi Abah Grandong tersebut. Salah satu warganet bahkan menyebut pria itu memakan kucing hidup-hidup untuk ilmu hitam.

Polisi langsung turun tangan menyelidiki insiden itu. Abah Grandong diketahui merupakan warga Banten dan bekerja di kawasan Kemayoran.

"Informasinya, menurut keterangan saksi-saksi, itu orang Rangkasbitung, Banten," kata Kapolsek Kemayoran Kompol Syaiful Anwar kepada detikcom, Selasa (30/7/2019).


Polisi juga sempat mencari Abah Grandong ke kampung halamannya di Rangkasbitung, Banten. Namun Gandrong tak ditemukan.

Berdasarkan informasi yang diterima polisi, Abah Grandong berencana menyerahkan diri. Pria itu juga akan memberikan keterangan terkait aksi makan kucing hidup-hidup.

"Anggota sudah ketemu dengan keluarganya. Informasi itu (mau menyerahkan diri) itu dari keluarga ke salah satu anggota," kata Wakapolres Jakpus AKBP Arie Ardian kepada detikcom, Rabu (31/7).


Setelah ditunggu-tunggu polisi, Abah Grandong akhirnya tiba di Polres Jakarta Pusat. Dia datang didampingi keluarga.

Pantauan detikcom di Polres Metro Jakarta Pusat, Jalan Garuda, Kemayoran, Grandong tiba pada pukul 15.57 WIB, Kamis (1/8). Abah Grandong tampak mengenakan peci biru dan baju koko berwarna cokelat.

Dia ditemani seorang pria yang mengaku perwakilan keluarga bernama Deden. Sementara Grandong tidak banyak berkata-kata.

"Jadi saya mewakili dari keluarga Abah, saya dari keluarga Abah akan menyerahkan pelaku (Abah) ke Polres Jakarta Pusat," kata Deden kepada wartawan di lokasi.


Keluarga Abah Grandong Minta Maaf

Deden selaku perwakilan keluarga Abah Grandong menyampaikan permintaan maaf atas kejadian yang sempat menghebohkan publik. Deden mengatakan Abah Grandong siap menjalani proses hukum.

"Saya dari keluarga Abah memohon maaf kepada masyarakat Indonesia (atas aksi Abah) yang telah viral video tersebut," jelas Deden kepada wartawan di Polres Jakpus, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).


Keluarga Sebut Abah Grandong Sering Bertingkah Aneh

Keluarga menuturkan Abah Grandong kerap bertingkah aneh selama berada di rumah. Hal itu disampaikan terkait aksi Abah Grandong yang memakan kucing hidup-hidup di Kemayoran.

"Abah di rumah pun suka aneh-aneh," kata perwakilan keluarga Grandong, Deden, kepada wartawan di Mapolres Jakarta Pusat, Jalan Garuda, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).


Deden mengatakan hal itu saat menyerahkan Grandong ke Polres Jakpus. Deden mendampingi proses pemeriksaan Grandong di Polres Jakpus.

"Saya dari pihak keluarga akan menyerahkan," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com