detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 13:14 WIB

BNPB Harap Inpres soal Penanggulangan Bencana Segera Rampung

Ahmad Bil Wahid - detikNews
BNPB Harap Inpres soal Penanggulangan Bencana Segera Rampung Doni Monardo (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - BNPB menyebut pemerintah sedang menyiapkan aturan tentang kewajiban daerah dalam penanggulangan bencana. Peraturan berupa inpres itu berkaitan dengan kewajiban daerah membuat kontingensi plan.

"Kantor Sekretariat Kabinet sudah mengadakan rapat untuk menyusun sebuah peraturan inpres yang berhubungan dengan kewajiban daerah untuk menyusun contingency plan. Contingency plan ini tentu berasal dari sumber ancaman. Tiap daerah ada ancamannya berbeda, ada gunung berapi, ada ancamannya banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran, dan sebagainya," kata Kapala BNPB Doni Monardo di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2019).


Doni mengatakan contingency plan itu akan memacu daerah untuk berpikir lebih keras tentang upaya penanggulangan bencana. Selain itu, inpres tersebut diharapkan membuat penanggulangan bencana tak hanya jadi beban pemerintahan pusat.

"Banyak daerah yang kelembagaannya belum maksimal, BPBD-nya masih belum memenuhi standar, kemudian anggarannya juga nyaris tidak ada. Kalau ini dibiarkan terus ya semua akan lari ke pemerintah pusat, padahal beban pemerintah pusat ini tidak ringan," ujarnya.

"Jadi, dengan adanya inpres itu, diharapkan nanti beban pekerjaan dibagi rata, daerah juga harus memikul kemudian anggaran juga itu harus dipikirkan," imbuhnya.


Doni menilai upaya penanggulangan akan maksimal jika pencegahan juga dilakukan oleh pemerintah di tingkat kota-kabupaten. Dia berharap pembahasan Inpres itu bisa selesai tahun ini.

"Kita harapkan bisa segera direalisasikan. Saya belum bisa pastikan tapi mudah-mudahan tahun ini bisa selesai," pungkasnya.


Banyak Museum Tak Punya SOP Penanggulangan Bencana:


(abw/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com