detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 17:16 WIB

MUI Bogor Akan Gelar Pleno Bahas Kasus SM Pembawa Anjing ke Masjid

Sachril Agustin Berutu - detikNews
MUI Bogor Akan Gelar Pleno Bahas Kasus SM Pembawa Anjing ke Masjid Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Bogor - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor akan menggelar rapat pleno terkait kasus SM (52), perempuan yang membawa anjing ke Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Jabar. MUI Bogor menunggu hasil pleno apakah akan mengeluarkan fatwa atau rekomendasi.

"Akan dilakukan rapat pleno terlebih dahulu. Tiga alternatif yang dibawa adalah rekomendasi, pandangan hukum, atau fatwa," kata Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Aji di kantor MUI Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (30/7/2019).



Mukri menjelaskan, dalam membuat suatu fatwa, dibutuhkan proses yang panjang. Karena itu, untuk menyelesaikan kasus SM, MUI Kabupaten Bogor akan memberikan alternatif dari hasil rapat pleno.

"Pandangan pengadilan bagaimana. Nanti kalau nggak penting fatwa, hanya butuh rekomendasi atau pandangan hukum saja, ya nggak jadi masalah juga," terangnya.

"Tapi memang dalam membuat fatwa kan dikuatkan di majelis ulama provinsi, lalu dibawa pusat. Lalu ke ijtihad ulama Komisi Fatwa, menjadi fatwa nasional. Kalau fatwa kan masih ada uji kompetensi dulu. Jadi kita melihat pengadilan butuh apa," imbuh Mukri.



Mukri melanjutkan rapat pleno akan dilakukan secepatnya. Hal ini agar kasus perempuan yang membawa anjing ke dalam masjid bisa cepat selesai dan bisa menjaga umat Islam di Kabupaten Bogor tidak terpecah belah.

"MUI Kabupaten Bogor akan terus mengawal kasus ini agar tidak terulang lagi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang perempuan berinisial SM bikin geger lantaran membawa seekor anjing masuk Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/6), pukul 14.00 WIB. Polisi lalu mengamankan perempuan itu.

"SM memasuki Masjid Al-Munawaroh dengan membawa hewan anjing dengan tujuan mencari suaminya," kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika.


Simak Juga 'Wanita Bawa Anjing ke Masjid Dirawat di RS, Penyidikan Jalan Terus':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com