Seleksi Penerima Anugerah Iptek 2019, Kemenristek Ingin Pemda Perkuat Inovasi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 30 Jul 2019 10:40 WIB
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetek). (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetek) mendengarkan pemaparan pemerintah daerah (pemda) calon penerima Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 kategori Budhipura dan Budhipraja. Anugerah ini sebagai apresiasi atas prestasi pemerintah daerah terkait kinerjanya dalam memperkuat ekosistem inovasi di daerah.

"Kita lebih fokus bagaimana pemerintah daerah itu membangun ekosistem inovasi di daerahnya. Tujuan kita adalah bagaimana nanti daerah bersinergi dengan perguruan tinggi dan lembaga litbang dalam merancang rencana pembangunan yang akan dilaksanakan oleh bupati dan wali kota," ujar Direktur Sistem Inovasi Kemenristek Ophirtus Smule di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).



Ophirtus mengatakan tahap penjaringan menggunakan instrumen atau alat ukur Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang terdiri dari empat aspek yaitu Penguat, Ekosistem Inovasi, Sumber Daya Manusia, dan Aspek Pasar. Semua instrumen itu akan dielaborasi untuk penilaian penerima anugerah.

"Ini kita ambil untuk memberikan elaborasi yang lebih dalam untuk nanti masuk dalam nominator kandidat penerima Budhipura dan Budhipraja," kata dia.

Ada tiga kategori dalam anugerah ini, di antaranya untuk Pemerintah Provinsi (Budhipura) serta kategori Pemerintah Kabupaten dan Kota (Budhipraja). Masing-masing kepala daerah yang menjadi nominasi dituntut untuk memaparkan inovasi yang dilakukan di wilayahnya.

Sebanyak delapan kandidat Anugerah Iptek Kategori Budhipura, yakni, Provinsi Bali, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan dari total 20 provinsi di Indonesia yang mengikuti seleksi.

Sementara itu terdapat 7 nominator Kabupaten dan 7 Kota dari total 146 Kabupaten/Kota. Adapun kandidat Anugerah Iptek Kategori Budhipraja untuk Pemerintah Kabupaten di antaranya, Kabupaten Badung, Bogor, Konawe Selatan, Kulon Progo, Luwu Utara, Toli Toli, dan Wonogiri. Selanjutnya, kandidat Anugerah Iptek Kategori Budhipraja untuk Pemerintah Kota adalah Kota Bukittinggi, Cimahi, Salatiga, Surakarta, Pontianak, Tarakan, dan Tegal.



Pemaparan nominator dilaksanakan pada Sanin (29/7) sampai dengan Rabu (31/7), diawali dengan pemaparan nomimator Bidhipura tingkat Provinsi, Budhipraja Kabupaten dan pemaparan nominator Budhipraja Kota di hadapan tim juri. Selanjutnya tim juri akan menyampaikan penilaiannya dalam sidang pleno di tingkat eselon I Kemenristek untuk menetapkan penerima anugerah.

Sementara Penyerahan Anugerah Iptek dan Inovasi 2019 akan digelar pada 27 Agustus 2019 di Denpasar, Bali. Anugerah ini juga dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24.

(idn/idn)