detikNews
2019/07/29 22:15:24 WIB

Round-Up

Bahaya Pencabulan di Balik Aplikasi Permainan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bahaya Pencabulan di Balik Aplikasi Permainan Pelaku child grooming via aplikasi game online. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap AAP alias Prasetya Devano alias Defans alias Pras, pelaku child grooming, yang melancarkan aksinya via aplikasi game online Hago. Pelaku, yang sudah 10 kali beraksi, mengincar anak-anak menjadi korbannya.

Polisi mengetahui pelaku menyasar anak-anak dari usia 9 hingga 15 tahun dari penyidikan. Hal itu dimungkinkan lantaran game itu mewajibkan pemainnya mengisi identitas termasuk usia.

"Yang jadi target pelaku anak-anak di bawah umur. Para korbannya umurnya 15, ada yang 9 tahun," ujar Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (29/7/2019).


Aplikasi game online itu, kata Iwan, memungkinkan para pemainnya bertukar nomor telepon seluler (ponsel). Setelah mengantongi nomor ponsel korbannya, pelaku menghubunginya dan mengajak berkomunikasi via video call.

"Saat gunakan video call ini, pelaku ngajak korban-korban melakukan perbuatan yang mengarah pada tindakan asusila," kata Iwan.

"Kemudian pelaku coba ngajak korban melakukan seks menggunakan WhatsApp call. Yang dilakukan pelaku sempat memberi tahu atau mengajak korban untuk sampai buka pakaian, tunjukkan kemaluan, dan juga ngajak korban masturbasi," imbuh Iwan.

Ketika berkomunikasi dengan video call itu, pelaku merekamnya. Rekaman itu digunakan pelaku untuk memeras korban kembali melakukan perbuatan yang sama.

"Kurang-lebih 10 korban yang jadi korban pelaku, 10 korban ada 2 yang kita lakukan proses," ucap Iwan.

Tak hanya itu, pelaku kerap menyebarkan video kejahatannya ke grup WhatsApp (WA). Tersangka diketahui dimasukkan ke grup WA yang anggotanya 123 orang.

Namun Iwan menyebut grup itu sudah tidak aktif lagi. Meskipun demikian, dia memastikan pihaknya tetap menyelidiki terkait grup tersebut.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com