detikNews
Kamis 25 Juli 2019, 17:25 WIB

Kemendikbud Adakan Gelar Karya Film Pelajar 2019, Berhadiah Rp 100 Juta

Zakia Liland - detikNews
Kemendikbud Adakan Gelar Karya Film Pelajar 2019, Berhadiah Rp 100 Juta Kemendikbud Adakan Gelar Karya Film Pelajar 2019 (Foto: Zakia/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019. Artis Reza Rahadian dipilih sebagai festival director.

"Ini juga bagian dari evaluasi kami. Tentu kita berharap dengan adanya Mas Reza dan Mas Angga lebih besar yang akan langsung terlibat. Mungkin nanti menganai workshop, meet and greet bagi mereka yang sudah mengirim karya itu, yang dihadiri Mas Reza dan Mas Angga akan lebih banyak yang berpartisipasi. Mungkin ini juga memperbaiki cara komunikasi dengan milenial," kata Ketua Pusat Perkembangan Film Kemendikbud, Maman Wijaya, di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2019).



GKFP tahun ini mengusung tema 'Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial'. Masa pendaftaran dibuka sejak 1 Juli-1 September 2019 dan bisa diakses di pusbangfilm.kemendikbud.go.id.

Reza Rahadian mengatakan tema tersebut dipilih mengingat masyarakat saat ini sibuk membicarakan tentang toleransi dan keberagaman. Dia mengaku ingin tahu perspektif kaum muda tentang isu tersebut.

"Kemarin kita sibuk sama Pemilu. Tentu kita akan sibuk membicarakan tentang polarisasi, membicarakan toleransi dan lain-lain. Jadi, saya penasaran perspektif generasi milenial tentang keberagaman, tentang kebinekaan itu sebenarnya seperti apa kalau mereka menuangkannya ke dalam film pendek," kata Reza.

Foto: Zakia/detikcom




GKFP 2019 ini terdiri dua kategori yaitu film pendek fiksi dan film pendek dokumenter. Dari masing-masing kategori, nanti akan ada tiga nominasi yang dipilih yaitu film terpilih, sutradara terpilih dan penulis skenario terpilih.

Para pemenang kegiatan ini akan mendapatkan total hadiah sebesar Rp 100 juta yang berbentuk uang dan workshop. Selain itu, kata Reza, mereka pun akan diikutsertakan langsung dalam pagelaran Festival Film Indonesia.

"Dan saya sudah meminta kepada Pusbang, untuk bagi pemenang yang mendapatkan kategori-kategori tadi akan dilibatkan dalam acara Festival Film Indonesia sebagai pembaca nominasi. Saya hanya ingin mereka merasa vibe karena mereka adalah generasi-generasi penerus, yang diharapkan bisa jadi the next Hanung Bramantyo, the next Riri Riza, the next siapa pun lah, Joko Anwar dan lain-lain," jelas Reza.

Proses seleksi GKPF 2019 langsung dilakukan oleh para ahli di bidangnya. Ada dua tim yang dibentuk oleh Reza yaitu tim ahli dan tim juri. Tim ahli bertugas untuk melakukan seleksi awal dan tim juri yang akan memberikan penilaian.

Tim ahli akan diisi oleh Titien Watimena, Prita Gita Arianegara, Gritte Agatha, Wicaksono Wisnu Legowo dan Gita Fara. Sementara penjurian akan dilakukan oleh Garin Nugroho, Sheila Timothy dan Yudi Datau. Sebelumnya, Reza Rahardian pernah menjadi juri untuk GKPF tahun lalu.

Pemenang GKPF 2019 akan diumumkan pada 28 Oktober 2019 di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan. Tanggal ini dipilih oleh Reza karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan dirasa sebagai momentum yang tepat untuk memberikan karya terbaik anak bangsa.

"Sengaja saya memilih 28 Oktober karena itu juga berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda. Jadi saya pikir, momentumnya tepat untuk para pelajar juga bisa merayakan sama-sama di Hari Sumpah Pemuda dengan karya-karya yang saya harapkan adalah karya-karya terbaik," sambungnya.


(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com