detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 11:23 WIB

MK Gelar RPH Bahas Kelanjutan Sidang Sengketa Pileg 2019

Ibnu Hariyanto - detikNews
MK Gelar RPH Bahas Kelanjutan Sidang Sengketa Pileg 2019 Foto: Gedung MK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) tengah melakukan persiapan pembacaan putusan terkait kelanjutan persidangan gugatan sengketa Pileg 2019. Persiapan pembacaan putusan itu dibahas dalam rapat permusyawarahan hakim (RPH).

"Sedang RPH untuk persiapan sidang pengucapan putusan khusus untuk perkara-perkara," kata Jubir MK Fajar Laksono kepada wartawan, Jumat (19/7/2019).


Fajar mengatakan sidang pengucapan putusan itu akan digelar pada Senin (22/7). Dalam sidang tersebut, hakim akan memutuskan perkara mana saja yang bisa berlanjut atau tidak berlanjut.

"(Yang diputus tidak lanjut) itu tidak memenuhi ketentuan formil yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, antara lain itu, permohonan terbukti diajukan di luar tenggat waktu yang ditentukan, pemohon terbukti tidak punya legal standing," ucap Fajar.


Untuk itu, Fajar mengatakan MK sudah mengirimkan surat panggilan sidang ke setiap pihak. Surat itu dikirimkan melalui panitera MK.

"Panggilan menghadiri sidang. Jadwal sidang hari Senin 22 Juli besok. Untuk jadwal lihat di website MK," sebutnya.

Dalam sengketa Pileg 2019 ini, MK menangani sebanyak 260 perkara. Sidang perdana dimulai sejak Selasa, 9 Juli 2019. MK menargetkan sidang sengketa Pileg 2019 bisa selesai selama 30 hari kerja.

Simak Video "Tim Prabowo Baca Surat An-Nisa Ayat 135 di Penutupan Sidang"
[Gambas:Video 20detik]

(ibh/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com