detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 18:20 WIB

Berkas Pidana Pemilu 10 PPK Cilincing-Koja Segera Disidangkan

Eva Safitri - detikNews
Berkas Pidana Pemilu 10 PPK Cilincing-Koja Segera Disidangkan Foto: Sentra Gakkumdu Jakarta Utara (Istimewa)
Jakarta - Penyidik Sentra Gakkumdu Polres Metro Jakarta Utara telah merampungkan berkas pidana pemilu 10 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cilincing dan Koja. Berkas tersebut dinyatakan telah lengkap (P21).

"Berkas perkara pemilu untuk tersangka para PPK di kecamatan Cilincing dan di kecamatan Koja itu semua sudah P21. Sudah kita limpahkan kemarin tahap dua ke kejaksaan, sehingga dalam waktu dekat nanti kita akan masuki ke proses persidangan," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, di Pantai Beachpool, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (12/7/2019).

Budhi mengatakan 10 petugas PPK itu terbukti sengaja memindahkan suara salah satu caleg ke caleg lain. Bahkan menurutnya ada tambahan pasal lain karena dinilai lalai dalam menjalankan tugas.

"Pelanggaran pemilu soal (Pasal) 531 UU Pemilu, yakni karena lalainya mengakibatkan suara peserta pemilu menjadi hilang. Untuk pemilu legislatif, DPRD provinsi," ucapnya.



"Ya faktanya suara itu berpindah. Ini yang kami dalami. Proses ataupun penyidikan primer kita memang karena sengaja. Tapi kita lapis dengan karena lalainya, nanti di proses persidangan nanti hakim maupun jaksa akan menggali, apakah nanti primer ataupun yang bisa vonisnya," lanjut Budhi.

Kasus tersebut berasal dari laporan dari Caleg DPRD DKI No Urut 1 Partai Demokrat H. Sulkarnain dan Caleg DPRD DKI No Urut 5 Partai Gerindra M. Iqbal Maulana. Tersangka terancam pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp 12.000.000.




Simak Juga 'Lembaran Baru Babak Sengketa Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "LIPI: Pemilu Serentak 2019 Menyulitkan Masyarakat!"
[Gambas:Video 20detik]

(eva/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com