detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 13:31 WIB

NasDem Incar Kursi Jaksa Agung Lagi?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
NasDem Incar Kursi Jaksa Agung Lagi? Sekjen NasDem Johnny G Plate (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem menyatakan tidak mengajukan nama khusus untuk posisi menteri ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dinilai tahu banyak kader NasDem yang potensial.

"Tanpa kami ajukan nama ke Pak Jokowi, Pak Jokowi tahu untuk mengambil mana tokoh yang bagus, termasuk tokoh NasDem. Baik milenial tersedia, yang pengalaman senior tersedia, yang mempunyai kombinasi pengalaman nonpolitik dan politik tersedia," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).


NasDem saat ini diketahui mengisi dua posisi menteri, yaitu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Jaksa Agung M Prasetyo juga berasal dari unsur partai yang diketuai Surya Paloh tersebut.

Lantas, jika tidak mengajukan nama menteri, apakah NasDem akan mengincar kembali kursi Jaksa Agung?

"Jaksa Agung, Bapak Presiden yang tentukan. Kalau masih percayakan kepada kader NasDem tentu baik bagi kami, karena kaderisasi di NasDem berjalan. Dan juga karena tokoh-tokoh NasDem yang saat ini menempatkan portofolio di kabinet melaksanakan tugas dengan baik," kata Johnny.

Menurut Johnny, Jokowi tentu akan memiliki pertimbangan dalam menentukan siapa yang akan mengisi posisi tersebut. Jokowi disebutnya tidak akan mendengar komentar negatif dari pihak-pihak yang bermasalah dengan hukum.


"Pak Jokowi tentu melihat secara utuh, bukan hanya mendengar komentar-komentar pihak-pihak bermasalah hukum. Kalau bermasalah sama hukum dan ditangkap oleh kejaksaan, pasti tidak suka dengan Jaksa Agung. Tapi Jaksa Agung menegakkan hukum sebagai pengacara negara," tegas Johnny.

"NasDem menyerahkan kepada Pak Jokowi yang punya kewenangan menilai kinerja kabinet," pungkasnya.



Gerindra: Jokowi Lebih Dekat dengan Kami, Kami yang Bentuk!:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Isu Koalisi Keluhkan Jaksa Agung, Surya Paloh: Dia Independen"
[Gambas:Video 20detik]

(azr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com