detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 11:08 WIB

Pemkab Bekasi akan Buat Sumur Bor hingga Embung Atasi Kekeringan

Isal Mawardi - detikNews
Pemkab Bekasi akan Buat Sumur Bor hingga Embung Atasi Kekeringan Kekeringan di Bekasi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalami kekeringan. Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana membangun sumur bor hingga embung untuk mengatasi kekeringan tersebut.

"Itu solusi jangka panjangnya," ujar Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bekasi Edward Sutarman saat dihubungi wartawan, Selasa (9/7/2019).

Edward mengatakan pembangunan sumur dan embung direncanakan pada 2020. Keduanya dibangun guna menampung air hujan untuk persediaan saat kekeringan melanda Kabupaten Bekasi.

Edward tidak menjelaskan secara rinci mengenai jumlah sumur dan embung yang akan dibangun. Ia memastikan pembangunan sumur dan embung diprioritaskan di daerah yang sering dilanda kekeringan.

"Yang pasti di titik kekeringan, salah satunya (Kecamatan) Cibarusah," ujar Edward.



"Ini manfaatnya kan benar-benar dirasakan oleh masyarakat setempat. Setiap tahun ini pasti lokasi itu kena dampaknya untuk kekeringan. Solusi terakhir kita coba waduk embung air itu," lanjutnya.

Untuk solusi jangka pendek, Edward mengatakan Pemkab Bekasi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mendistribusikan air bersih. Pendistribusian air dilakukan tiga kali dalam sepekan.

Diberitakan sebelumnya, 5 desa di Kabupaten Bekasi dilanda kekeringan. Kelima desa itu adalah Desa Ridogalih, Desa Ridomanah, Desa Sirnajati, Desa Cibarusah Kota, dan Desa Nagacita.

Pemkab Bekasi melalui BPBD telah mendistribusikan 120 ribu liter air bersih ke 5 desa tersebut. Pemberian air telah dilakukan sejak 21 Juni 2019.







Simak Video "Sudah 7 Bulan Warga di Buton Selatan Alami Kekeringan"
[Gambas:Video 20detik]

(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com