Round-Up

Ngotot Parpol hingga Tahu Diri Incar Kursi Menteri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Jul 2019 22:20 WIB
Foto ilustrasi: Para elite parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Parpol-parpol pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, kini mulai berbicara soal posisi menteri di kabinet berikutnya. Ada yang disebut ngotot minta kursi menteri, ada pula yang tahu diri.

PKB merupakan salah satu parpol anggota koalisi pendukung Jokowi yang blak-blakan sejak awal. Ketua Umum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bahkan sudah berbicara soal kursi menteri sejak 18 Mei 2019. Cak Imin berdoa partainya mendapat 10 kursi menteri. Kini setelah Jokowi-Ma'ruf ditetapkan sebagai capres-cawapres terpilih, usulan itu kian gencar disuarakan PKB.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan berharap kursi menteri untuk PKB di 2019-2024 lebih banyak ketimbang yang didapat pada 2014-2019. Menurutnya, keberadaan menteri dari PKB bermanfaat untuk masyarakat.


"Iya (bertambah), agar lebih bermanfaat untuk masyarakat," kata Daniel Johan kepada wartawan, Jumat (5/7/2019) malam.

Ngotot Parpol hingga Tahu Diri Incar Kursi Menteri Politikus PKB Daniel Johan. (Gibran Maulana/detikcom).

PKB menyebut ingin kembali mendapatkan posisi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dulu, posisi itu pernah diemban oleh Marwan Ja'far, kemudian berganti ke Eko Putro Sandjojo. Dua nama itu memang kader PKB.

"Ya Menteri Desa mungkin karena kan memang sudah berjalan, mungkin di bidang yang menyangkut basis masyarakat banyak pendidikan," kata Daniel di d'Consulate Resto & Lounge, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019).


PKB juga menyebut jatah menteri untuk Nahdlatul Ulama (NU) dan PKB harus dipisah, meski keduanya merupakan bagian dari Nadhliyin. "Memang kan PKB itu dilahirkan oleh NU, tapi kan PKB bukan NU. Tentu itu suatu yang terpisah," kata Daniel Johan dalam diskusi Polemik 'Ribut Rebut Kursi Menteri' di tempat itu.

Pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago memberikan penilaian terhadap sikap PKB dalam isu calon menteri ini. "PKB paling ngotot minta menteri, PDIP diam-diam saja, NU juga dipisah dari PKB sudah jelas itu," tutur Pangi alam diskusi itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Momen Jokowi Nyaris Lupa Sapa Ma'ruf Saat Kick Off Meeting Keuangan"
[Gambas:Video 20detik]