Pencarian Heli TNI yang Hilang di Papua Dipusatkan di Daerah Airu

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jul 2019 15:50 WIB
Pencarian heli MI-17 milik Penerbad TNI AD yang hilang kontak di Papua kembali dilanjutkan. (Foto: dok. Istimewa)
Jayapura - Pencarian helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat yang hilang sejak Jumat kemarin masih berlangsung. Pencarian dipusatkan di kawasan Airu dan Lereh, Kabupaten Keerom.

Komandan Resor Militer 172 PWY Kol Inf Binsar Sianipar mengatakan pencarian dilakukan oleh pasukan di daratan dan juga dari pemantauan udara. Dia juga mendapat info ada warga yang mendengar suara helikopter di Airu dan sekitarnya pada Jumat (28/6).

"Berbagai informasi yang dikumpulkan diolah terlebih dahulu sebelum tim diturunkan untuk melakukan pencarian di sekitar lokasi yang dicurigai," kata Kol Inf Sianipar, yang dikutip dari Antara, Jumat (5/7/2019).



Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138, yang membawa 12 penumpang dan kru, hilang pada Jumat (28/6). Heli itu terbang dari Oksibil menuju Jayapura pada pukul 11.44 WIT.

Sesaat setelah terbang, pukul 11.49 WIT, pilot sempat mengucapkan terima kasih setelah melaporkan bahwa heli berada di ketinggian 7.800 kaki, 6 mil laut ke utara. Namun, selang 1 jam, tak ada kabar dari heli tersebut.



Pukul 13.19 WIT, petugas di Bandara Sentani mengontak Bandara Oksibil untuk menanyakan keberadaan helikopter milik TNI Angkatan Darat tersebut dan tak ada respons.

Simak Video "Penjelasan Kemenhub soal Tergulingnya Heli di Bandara Budiarto Curug"
[Gambas:Video 20detik]
(rvk/idh)