detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 15:00 WIB

Pegawai Hotel di Babel Ditangkap Polisi Gegara Hina Jokowi di Facebook

Deni Wahyono - detikNews
Pegawai Hotel di Babel Ditangkap Polisi Gegara Hina Jokowi di Facebook Pria di Babel ditangkap polisi karena menghina Jokowi. (Deni Wahyono/detikcom)
Pangkalpinang - Tim Direktorat Krimsus Polda Bangka Belitung menangkap Juranda Aditya (22) atas kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech). Juranda diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial.

"Pelaku ditangkap karena ujaran kebencian di media sosial Facebook," kata Dirkrimsus Polda Babel Kombes Indra Krismayadi saat jumpa pers di Mapolda Babel, Rabu (3/7/2019).



Juranda ditangkap setelah polisi menerima laporan terkait akun Facebook 'Juranda Konyol' yang membagikan posting-an akun lain. Juranda kemudian menambahi tulisan yang diduga menghina Jokowi.

"Yang bersangkutan membagikan posting-an orang lain, kemudian ditambahi caption ujaran kebencian terhadap Presiden," ujar Indra.



Tak hanya itu, Juranda juga mengunggah perbandingan foto kasus artis Andre Taulany yang diduga telah menghina Nabi dengan kasus lain. Juranda menyebut orang yang menghina Presiden langsung ditangkap, sedangkan orang yang menghina Nabi hanya cukup minta maaf.

"Setelah mendapatkan bukti lengkap, kita langsung tangkap yang bersangkutan di sebuah hotel tempatnya bekerja dan langsung ditahan," kata Indra.



Pemuda berusia 22 tahun itu bekerja sebagai karyawan swasta hotel di Kabupaten Bangka. Tim Polda Babel mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit ponsel, flash disk, dan tangkapan layar status Juranda.

"Tersangka kini ditahan di Mapolda Babel untuk proses penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ujaran kebencian," ujar Indra.

Atas perbuatannya, Juranda dijerat Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Udang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.


Pemilik Akun yang Hina Jokowi Diperiksa Polisi:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video " Pemilik Akun 'Jokowi Mumi' Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com