Satpol PP akan Kembalikan Pencari Suaka ke Kalideres Usai Bertemu UNHCR

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 13:51 WIB
Pencari suaka yang sebelumnya bermukim di Kalideres, kini pindah ke trotoar Kebon Sirih. (Adhi Indra/detikcom)
Jakarta - Puluhan pencari suaka asal Afghanistan dan Sudan yang bermukim di trotoar di depan Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dipanggil oleh pihak UNHCR. Para pencari suaka ini rencananya dikembalikan ke tempat mereka sebelumnya di Kalideres.

Sebelumnya, sempat ada diskusi antara pihak Satpol PP Kecamatan Menteng dan para pencari suaka yang ada di depan Menara Ravindo. Mereka diminta untuk menurunkan spanduk dan jemuran pakaian mereka.

"Kalau Satpol PP intinya, sama pihak kelurahan sesuai Perpres 159 terkait masalah keimigrasian, pemerintah daerah sudah memberikan relokasi tempat, sudah disediakan tempat, tapi pengungsi tidak mau," ujar Kasatpol PP Kecamatan Menteng, Bayu Agata Putra, setelah bertemu dengan pihak UNHCR di Menara Ravindo, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).


"Jadi sekarang menunggu hasil dari UNHCR dulu, jadi pengungsinya dipanggil buat konseling satu per satu," sambungnya.

Satpol PP Akan Kembalikan Pencari Suaka ke Kalideres Usai Bertemu UNHCRPencari suaka yang sebelumnya bermukim di Kalideres, kini pindah ke trotoar Kebon Sirih. (Foto: Adhi Indra/detikcom)

Agata menjelaskan bahwa pihak Kelurahan Menteng sudah menyediakan tempat untuk para pencari suaka di Jalan Kebon Sirih Barat. Namun mereka masih ingin berada di trotoar. Agata juga menyebutkan bahwa jika para pencari suaka ini tidak mau kembali ke Kalideres, mereka bisa terancam akan dideportasi ke negara asalnya.

"(Rencananya) akan dikembalikan ke Kalideres, kalau nggak ya nanti seperti akses aksesnya, kalau nggak ikutin perintah ya akan dimatikan sama UNHCR, atau dideportasikan ke tempat asalnya," ujar Agata.


Para pencari suaka ini sebelumnya memang bermukim di depan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta, Kalideres. Agata sendiri tidak tahu para pencari suaka akan tinggal di mana setelah dibawa kembali ke Kalideres. Menurutnya, itu kebijakan UNHCR. Namun Agata menyebut pihaknya akan membantu proses pemindahan para pencari suaka ke Kalideres.

"Setelah selesai, nanti dari Satpol PP akan memfasilitasi kendaraan untuk pindah, mengevakuasi para imigran ini ke Kalideres," ujar Agata.


detikcom bertanya ke salah seorang pencari suaka bernama Umid mengenai sesi konseling oleh UNHCR. Ia membenarkan bahwa mereka berencana dikembalikan ke Kalideres.

"Kami diminta kembali ke Kalideres, setelah itu nanti mereka akan membantu kami. Tapi kami tidak mau," ujar Umid.

Simak Video "Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/imk)